Show simple item record

dc.contributor.authorCITRA CAHYANINGTYAS
dc.date.accessioned2013-12-06T01:31:52Z
dc.date.available2013-12-06T01:31:52Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204132
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5341
dc.description.abstractKeterampilan membaca merupakan modal utama dalam memperoleh ilmu pengetahuan yang lainnya. Banyaknya informasi yang diperoleh melalui media cetak dan internet yang sangat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat membuat banyaknya orang yang merasakan manfaat dari keterampilan membaca. Berdasarkan pengamatan awal di SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember, diperoleh beberapa permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dintaranya : 1) siswa belum dapat memahami isi bacaan yang dibacanya, dan 2) siswa belum dapat menceritakan kembali isi bacaan yang dibacanya dengan kalimat sendiri secara runtut. Alternatif pemecahan masalah yang diambil adalah strategi membaca KWL (Know, Want, and Learn), karena strategi KWL melibatkan tiga langkah dasar yang menuntun siswa dalam memberikan salah satu jalan tentang apa yang telah mereka ketahui (K), menentukan apa yang ingin mereka ketahui (W), dan mengingat kembali apa yang mereka pelajari dari membaca (L). Berdasarkan pernyataan di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah “a) Bagaimanakah proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012? dan b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012 setelah diterapkannya strategi KWL?”. Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang ingin dicapai adalah a) Mendeskripsikan proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III Kabupaten jember tahun pelajaran 2011-2012, dan b) Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Banjarsengon ix 02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012 melalui proses penerapan strategi KWL.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204132;
dc.subjectSTRATEGI KWL, KEMAMPUAN MEMBACAen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW, WANT, AND LEARN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS III SDN BANJARSENGON 02 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record