• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II TENTANG PERKALIAN MENGGUNAKAN TEKNIK JARIMATIKA PADA PEMBELAJARAN KELOMPOK BERPASANGAN DI SDN RAMBIGUNDAM 01 KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    Finish W. Astuty.pdf (324.8Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    FINISH WIDI ASTUTY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa cukup sulit dan tidak menarik bagi banyak siswa di sekolah. Hal ini berdampak buruk bagi prestasi / hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa dengan menggunakan teknik jarimatika pada siswa kelas II SD Negeri Rambigundam 01 tahun pelajaran 2010/2011.Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan siswa dalam berhitung perkalian, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik jarimatika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Rambigundam 01 Kecamatan Rambipuji tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan teknik jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian. Kondisi awal sebelum tindakan nilai rata-rata siswa adalah 59,25 , pada siklus I nilai rata-rata siswa 67,5 dan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II adalah 81,3. Sebelum dilaksanakan penelitian siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak (45%). Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak (50%), dan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak (91,7%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknik jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar perkalian siswa kelas II SD Negeri Rambigundam 01 Kecamatan Rambipuji Kabupaten jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5322
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository