Show simple item record

dc.contributor.authorFika Rosita
dc.date.accessioned2013-12-06T01:09:23Z
dc.date.available2013-12-06T01:09:23Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM080210204077
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5306
dc.description.abstractAnalisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dalam bentuk prosentase. Hasil analisis tersebut menggambarkan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media gambar banner pada pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda. Hasil yang dapat dicapai yaitu: dari hasil tes didapatkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 77%; aktivitas siswa sebesar 81,8% dengan kriteria sangat aktif, selama proses belajar mengajar siswa cenderung aktif dan antusias yaitu siswa terlihat senang karena penggunaan media gambar banner dan metode diskusi yang dapat memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan; dari hasil wawancara diketahui bahwa guru kelas V merespon positif penggunaan media gambar banner dan metode diskusi dalam pembelajaran IPS; hasil tes formatif pada Siklus I masih dibawah target yang telah ditentukan. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 45% yang seharusnya 75%. Sedangkan hasil pada tes formatif Siklus II mengalami peningkatan yaitu mencapai 81%. Pada Siklus II tersebut dikatakan tuntas karena telah mencapai ketuntasan secara klasikal SDN Karangdoro 02 Banyuwangi yaitu sebesar 75%. Penggunaan Media Gambar Banner dan Metode Diskusi Untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Karangdoro 02 Banyuwangi Tahun Ajaran 2010 / 2011 (Pokok Bahasan Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan prosentase peningkatan sebesar 19 % dari siklus I ke siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204077;
dc.subjectMedia Gambar Banner, Metode Diskusi, Aktivitas dan Hasil Belajar IPSen_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BANNER DAN METODE DISKUSI UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN KARANGDORO 02 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (POKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record