• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BANNER DAN METODE DISKUSI UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN KARANGDORO 02 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (POKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA)

    Thumbnail
    View/Open
    Fika Rosita.pdf (7.417Mb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Fika Rosita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dalam bentuk prosentase. Hasil analisis tersebut menggambarkan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media gambar banner pada pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda. Hasil yang dapat dicapai yaitu: dari hasil tes didapatkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 77%; aktivitas siswa sebesar 81,8% dengan kriteria sangat aktif, selama proses belajar mengajar siswa cenderung aktif dan antusias yaitu siswa terlihat senang karena penggunaan media gambar banner dan metode diskusi yang dapat memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan; dari hasil wawancara diketahui bahwa guru kelas V merespon positif penggunaan media gambar banner dan metode diskusi dalam pembelajaran IPS; hasil tes formatif pada Siklus I masih dibawah target yang telah ditentukan. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 45% yang seharusnya 75%. Sedangkan hasil pada tes formatif Siklus II mengalami peningkatan yaitu mencapai 81%. Pada Siklus II tersebut dikatakan tuntas karena telah mencapai ketuntasan secara klasikal SDN Karangdoro 02 Banyuwangi yaitu sebesar 75%. Penggunaan Media Gambar Banner dan Metode Diskusi Untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Karangdoro 02 Banyuwangi Tahun Ajaran 2010 / 2011 (Pokok Bahasan Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan prosentase peningkatan sebesar 19 % dari siklus I ke siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5306
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository