• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK PETA KONSEP DI SDN SEMPOLAN 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    ILUL ISTIQOMAH - 080210204113 (2)_1.pdf (314.8Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    ILUL ISTIQOMAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Sempolan 02 kurang optimal. Faktor penghambat siswa untuk memahami soal dan materi yang diberikan guru adalah metode pembelajaran yang kurang bervariasi tidak diterapkan dan guru paling banyak mendominasi dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa menjadi pasif sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan dan menjadikan siswa malas belajar dan hasil belajarnya rendah. Berdasarkan hasil tes pada observasi awal dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 25% sedangkan rata-rata kelas hanya mencapai 60,6 (dibawah kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sekolah yaitu 65). Oleh karena itu perlu dilaksanakan model pembelajaran kooperatif teknik Peta Konsep. Penelitian ini dilakukan dengan rumusan masalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sempolan 02 melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik Peta Konsep pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Masalah-masalah sosial tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sempolan 02 melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik Peta Konsep pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Masalah-masalah sosial tahun pelajaran 2011/2012. Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini antara lain: bagi siswa dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih bervariasi, bagi guru dapat memberikan masukan tentang alternatif pembelajaran, bagi peneliti dapat informasi tentang metode yang inovatif dan bagi pihak sekolah yang terkait hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran demi peningkatan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN Sempolan 02 Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Peneliti dibantu oleh 2 observer. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 17 Januari 2012 sampai tanggal 05 April 2012. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hal-hal yang dilakukan pada setiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini mengggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat setelah pembelajaran kooperatif teknik peta konsep diterapkan. Siklus I 70,41% siswa termasuk aktif. Siklus II terdapat 74,79% siswa. Hasil belajar siswa dilihat dari ketuntasan klasikal yang dicapai pada siklus I adalah sebesar 79,8%, sedangkan pada siklus I sebesar 87,5%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif teknik peta konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sempolan 02 Kecamatan Silo Kabupaten Jember pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif teknik peta konsep pada siswa kelas IV SDN Sempolan 02, maka dapat diberikan saran bahwa siswa sebaiknya dijadikan subjek pembelajaran kooperatif teknik peta konsep sehingga dapat memberikan pengalaman belajarnya. Bagi guru dan bagi peneliti yang akan mengadakan penelitian ilmiah di bidang pendidikan selanjutnya serta pihak sekolah terkait hendaknya menerapkan pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5221
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository