Show simple item record

dc.contributor.authorDesy Tri Pratika
dc.date.accessioned2013-12-05T09:46:27Z
dc.date.available2013-12-05T09:46:27Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210204037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5134
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Wirolegi 01 Jember pada tanggal 14 November 2012, aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah pembelajaran yang kurang bervariasi, penggunaan metode ceramah dan penugasan, tidak ada alat peraga atau media untuk pembelajaran PKn, serta pembelajaran PKn yang masih menekankan pada konsep-konsep yang ada di dalam buku paket. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui penerapan strategi inquiring minds want ti know dengan media gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi inquiring minds want to know dengan media gambar dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi kelas IV di SDN Wirolegi 01 Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi inquiring minds want to know dengan media gambar dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi kelas IV di SDN Wirolegi 01 Jember. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVA dengan jumlah 30 siswa yang terdiri atas 13 laki-laki dan 17 perempuan di SDN Wirolegi 01 Jember. Sumber data yaitu guru kelas IVA dan siswa kelas IVA SDN Wirolegi 01 Jember, referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa individu yaitu 36,67% dan pada siklus 2 menjadi 86,67% sehingga mengalami peningkatan 50%. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 yaitu 64,16% dan pada siklus 2 menjadi 85,83% sehingga megalami peningkatan 21,67%. Hasil belajar siswa individu pada siklus 1 yaitu 40% dan pada siklus 2 menjadi 76,67% sehingga mengalami peningkatan sebesar 36,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran PKn pokok bahasanglobalisasi dalam penerapan strategi inquiring minds want to know dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wirolegi 01 Jember. Saran bagi guru yaitu dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan strategi inquiring minds want to know dengan media gambar. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204037;
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW,MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASIen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI KELAS IV DI SDN WIROLEGI 01 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record