• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    CAMPUR KODE BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIADALAM INTERAKSI diajukan guna melengkapi tugas akhir dan memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan studi i PEMBELAJARAN GURU DI MUNCAR KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia (S1) dan mencapai gelar sarjana Sastra Oleh Serly Ari Yuanita NIM 080110201006 JURUSAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS JEMBER 2012 SMPN 01MUNCAR KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Serly Ari Yuanita_1.pdf (366.8Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Serly Ari Yuanita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masyarakat di Indonesia sangat beraneka ragam, baik keragaman budaya maupun keragaman bahasa. Pada umunya masyarakat Indonesia menguasai dua bahasa, yaitu bahasa daerah dan bahasa Indonesia. SMPN 01 Muncar adalah sekolah satu-satunya yang ada di Kecamatan Muncar yang menjadi sekolah standar nasional (SSN) yang mempunyai banyak prestasi, baik prestasi di bidang akademik maupun prestasi di bidang nonakademik. Campur kode adalah gejala terjadinya pencampuran dua bahasa atau lebih dalam satu tindak bahasa. Campur kode tidak hanya terjadi di lingkungan rumah saja, namun campur kode bisa terjadi di lingkungan rumah sakit, lingkungan kepolisian, dan lingkungan sekolah. Campur kode juga terjadi pada guru di SMPN 01 Muncar Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi dalam proses interaksi pembelajaran di kelas. Bahasa yang digunakan guru ketika berinteraksi dengan siswa di kelas adalah pencampuran bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Bahasa daerah selalu dibawa guru di SMPN 01 Muncar saat interaksi pembelajaran di kelas. Hal itu sering terjadi karena letak sekolah mereka yang berada di desa dan siswanya juga berasal dari desa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan campur kode bahasa Jawa terhadap bahasa Indonesia yang dilakukan guru di SMPN 01 Muncar Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi saat berinteraksi dengan siswa di dalam kelas. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode dan teknik penyediaan data yang digunakan adalah metode kualitatif, metode simak, teknik sadap dilanjutkan dengan teknik lanjutan yaitu teknik simak libat cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Data dianalisis menggunakan metode komparatif,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5039
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2299]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository