dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN 1 Sambirejo Banyuwangi yang
terdiri dari 23 siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 2 Mei 2011 sampai dengan 11 Mei 2011
dengan subjek penelitian siswa kelas I SDN 1 Sambirejo Banyuwangi. Data yang
dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I,
presentase aktivitas belajar siswa sebesar 47,46% dalam kategori cukup aktif
sedangkan pada siklus II sebesar 70,29% dalam kategori aktif. Presentase hasil
belajar siswa pada siklus I mencapai 61,74% dan presentase ketuntasan klasikal
sebesar 56,52%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 71,30%,
dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,96% sehingga secara klasikal
memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN 1 Sambirejo Banyuwangi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan benda di
sekitar kita. Peningkatan persentase aktivitas dari siswa pada siklus I sebesar 47,46%
dan siklus II sebesar 70,29, sehingga mengalami peningkatan sebesar 22,83%,
sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 9,56% dan ketuntasannya
sebesar 30,44%. Oleh karena itu penelitian di SDN 1 Sambirejo Banyuwangi tuntas.
Saran atas penelitian ini, guru hendaknya mengembangkan model tebak kata pada
pokok bahasan selanjutnya dan mengurangi pembelajaran yang bersifat konvensional. | en_US |