• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS I DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEBAK KATA POKOK BAHASAN BENDA DI SEKITAR KITA SDN 1 SAMBIREJO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Ella O. D. Purnawati.pdf (153.6Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Ella Oktarina Dwi Purnawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN 1 Sambirejo Banyuwangi yang terdiri dari 23 siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 2 Mei 2011 sampai dengan 11 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas I SDN 1 Sambirejo Banyuwangi. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 47,46% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II sebesar 70,29% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 61,74% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 56,52%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 71,30%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,96% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN 1 Sambirejo Banyuwangi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan benda di sekitar kita. Peningkatan persentase aktivitas dari siswa pada siklus I sebesar 47,46% dan siklus II sebesar 70,29, sehingga mengalami peningkatan sebesar 22,83%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 9,56% dan ketuntasannya sebesar 30,44%. Oleh karena itu penelitian di SDN 1 Sambirejo Banyuwangi tuntas. Saran atas penelitian ini, guru hendaknya mengembangkan model tebak kata pada pokok bahasan selanjutnya dan mengurangi pembelajaran yang bersifat konvensional.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4986
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository