dc.description.abstract | Berdasarkan hasil analisis data, efektivitas Macromedia Flash dalam
mencapai tujuan pembelajaran dapat diketahui berdasarkan hasil uji t (t-test). Pada uji
coba kelompok lebih luas, diperoleh nilai | t hitung | > dari t table atau | 6,235 | >
1,999 sehingga dapat disimpulkan bahwa antara nilai posttest kelompok kontrol dan
perlakuan memberikan hasil yang berbeda nyata.
Efisiensi Macromedia Flash diketahui dari tingkat pemahaman siswa yang
maksimal dengan pemanfaatan waktu yang semakin berkurang. Pada uji coba
kelompok lebih luas diperoleh data mengenai alokasi waktu yang digunakan, yaitu
pada kelompok eksperimen sebanyak 2 pertemuan (2×45 menit), sedangkan pada
kelompok kontrol sebanyak 4 pertemuan (2×45 menit) dengan rata-rata nilai post tes
pada kelompok eksperimen sebesar 84,5, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar
76.
Daya tarik Macromedia Flash diketahui dari minat siswa terhadap
Macromedia Flash yang dikembangkan. Berdasarkan rekapitulasi hasil angket,
diketahui bahwa siswa menyatakan berminat dan senang menggunakan Macromedia
Flash dalam pembelajaran.
Berdasarkan analisis data hasil ujicoba pada kelompok terbatas dan kelompok
luas yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis
Teknologi Informasi, sesuai untuk materi koperasi di SMPN 1 Pajarakan-Probolinggo | en_US |