Show simple item record

dc.contributor.authorDODIK MUQSID SETIADI
dc.date.accessioned2013-12-05T05:58:40Z
dc.date.available2013-12-05T05:58:40Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210274068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4827
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IV SD Negeri Sumberejo 10 Kecamatan Ambulu dalam menyampaikan pendapat dan gagasan (2) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyampaikan pendapat dan gagasan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sumberejo 10 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember pada siswa kelas IV yang terdiri dari 40 siswa, 24 laki – laki dan 16 perempuan. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelasyang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes performance, wawancara, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui kemampuan individu siswa dalam menyampaikan pendapat, bertanya, dan menjawab pertanyaan selama pembelajaran berlangsung. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 23 Pebruari 2011 sampai 5 April 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Sumberejo 10 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan aktiviyas guru. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa prosentase aktivitas siswa selama pembelajaran terkait kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat dan gagasan adalah : siklus I prosentase hasil aktivitas siswa 72.50 % berani menyampaikan pendapat, bertanya maupun menjawab pertanyaan, pada siklus II sebesar 80.00 % dari hasil secara klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keberaniannya untuk menyampaikan pendapat dan gagasan, bertanya dan menjawab pertanyaan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274068;
dc.subjectRasa Percaya Diri, Diskusi Kelompoken_US
dc.titlePENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DALAM MENYAMPAIKAN PENDAPAT DAN GAGASAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI SUMBEREJO 10 KECAMATAN AMBULUen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record