Show simple item record

dc.contributor.authorBintang Nusa Bella
dc.date.accessioned2013-12-05T05:40:30Z
dc.date.available2013-12-05T05:40:30Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204009
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4795
dc.description.abstractKeterampilan mambaca sangat diperlukan dalam dunia modern. Berdasarkan Kurikulum 1994, salah satu tujuan umum pembelajaran bahasa Indonesia yang terkait dengan pembelajaran membaca adalah siswa dapat memahami bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna, dan fungsi, serta menggunakanya dengan tepat untuk bermacam-macam tujuan, keperluan, dan keadaan ( Proses pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan membaca pemahaman di SDN Kebonsari 04 menunjukkan adanya membaca pemahaman siswa dipilih metode PQRST. Kehebatan metode PQRST untuk lebih memahami bacaan . Siswa di ajak untuk memahami isi bacaan lalu kemudian menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan. Masalah penelitian ini adalah viii membaca pemahaman teks bacaaan cerita anak siswa kelas V SDN Kebonsari 04 Jember setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode PQRST Penelitian ini memiliki variabel yang terdiri dari kemampuan membaca pemahaman bacaan cerita anak dan variabel proses yakni metode PQRST. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pada tahap siklus I dan II terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Proses penerapan metode PQRST yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman cerita anak siswa adalah dengan cara Saran yang diajukan yaitu metode PQRST dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran membaca pemahaman bacaan cerita anak. Sebagai bahan pertimbangan bagi guru, bahwa dalam proses pembelajaran di kelas hendaknya memanfaatkan metode dan media pembelajaran yang tepat agar proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan sehingga materi akan bisa tersampaikan dengan hasil yang optimal serta dapat mengurangi rasa kejenuhan atau kebosanan, karena pembelajaran Bahasa Indonesia biasanya identik dengan pelajaran yang membosankan. Bagi siswa Sebagai siswa harus lebih mengembangkan daya berfikir sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bacaan cerita anak cerita.. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di SDN Kebonsari 04 Jember yangg dilaksakan selama semester genap. Subyek penelitian yang di gunakan adalah seluruh siswa kelas SDN Kebonsari 04 Jember yang berjumlah 48 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian, penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian mengacu pada model skema Kurt Lewinsen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204009;
dc.subjectKemampuan Membaca dan memahami, Cerita Anak, Metode PQRSTen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BACAAN CERITA ANAK MELALUI METODE PQRST ( PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record