• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM FORUM DISKUSI MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN 7 KEBONDALEM BANGOREJO – BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Dhian Efritha.pdf (193.1Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    DHIAN EFRITHA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan: 1).Memaparkan proses pembelajaran keterampilan berbicara dalam forum diskusi dengan menerapkan metode bermain peran dengan bantuan media audiovisual 2).Meningkatkan keterampilan berbicara dalam forum diskusi setelah pembelajaran dengan menerapkan metode bermain peran dengan bantuan audiovisual. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 7 Kebondalem, Bangorejo, Banyuwangi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 7 Kebondalem yang terdiri dari 14 siswa, 8 perempuan dan 6 laki-laki. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif an jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan seanyak dua siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data mulai dilakukan pada tanggal 1 Februari 2011 sampai dengan 14 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 7 Kebondalem. Data yang dikumpulka berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes Individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil aktifitas siswa selama pembelajaran keterampilan berbicara dalam forum diskusi menggunakan metode bermain peran dengan bantuan audiovisual adalah: pada siklus I prosentase nilai siswa adalah 64 % siswa yang tuntas dan 36 % siswa belum tuntas. Sedangkan pada siklus II 85 % siswayang tuntas dan 15 % siswa yang belum tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas keterampilan berbicara dalam forum diskusi dengan menggunakan metode bermain paran dengan bantuan audiovisual. Dengan metode bermain peran dan media audiovisual dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk mengungkapkan pendapat dan berbicara didepan umum, memotifasi siswa untuk terus meningkatkan keterampilan berbicara.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4782
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository