dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Kencong 06
Kecamatan Kencong Kabupaten Jember yaitu untuk meningkatkan hasil belajar dan
aktivitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian
Tindakan Kelas) yang terdiri dari Siklus I dan siklus II dengan masing-masing 2
pertemuan, yang di dalamnya meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan
jumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik
pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif.
Kesimpulan dari hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase
aktivitas siswa klasikal dari siklus I sebesar 51,5% dan pada siklus II mengalami
peningkatan menjadi 53,87%. Dari analisis hasil belajar pada siklus I diperoleh
persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dan individu yaitu sebanyak 76% siswa
tuntas dan 24% siswa tidak tuntas, yang berarti telah memenuhi standar ketuntasan.
Pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa meningkat menjadi 84% dengan 21 siswa
tuntas. Dari hasil analisis tersebut terlihat bahwa persentase aktivitas dan hasil belajar
siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Dari rangkaian penelitian dan hasil
yang telah diperoleh maka penulis memberikan bberapa saran (1) Bagi Sekolah,
diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Kencong 06, salah satu
caranya yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Number Heads
Together (NHT) karena dapat meningkatkan kemampuan siswa baik secara klasikal
maupun secara individu; (2) Bagi Guru, pembelajaran dengan menggunakan
pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk
diterapkan dalam pembelajaran; (3) Bagi Peneliti Lain, penelitian ini dapat dijadikan
masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan menambah media
yang lebih tepat dengan pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together
(NHT). | en_US |