• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SDN KENCONG 06 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Atika.pdf (766.1Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Dewi Atika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Kencong 06 Kecamatan Kencong Kabupaten Jember yaitu untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari Siklus I dan siklus II dengan masing-masing 2 pertemuan, yang di dalamnya meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Kesimpulan dari hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal dari siklus I sebesar 51,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 53,87%. Dari analisis hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dan individu yaitu sebanyak 76% siswa tuntas dan 24% siswa tidak tuntas, yang berarti telah memenuhi standar ketuntasan. Pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa meningkat menjadi 84% dengan 21 siswa tuntas. Dari hasil analisis tersebut terlihat bahwa persentase aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Dari rangkaian penelitian dan hasil yang telah diperoleh maka penulis memberikan bberapa saran (1) Bagi Sekolah, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Kencong 06, salah satu caranya yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) karena dapat meningkatkan kemampuan siswa baik secara klasikal maupun secara individu; (2) Bagi Guru, pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran; (3) Bagi Peneliti Lain, penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan menambah media yang lebih tepat dengan pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4766
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository