• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATERI PERCAKAPAN TELEPON MELALUI PENERAPAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS IV-C SDN KEPATIHAN 03 KALIWATES - JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Desy Ira Roziana.pdf (195.1Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    DESY IRA ROZIANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah pembelajaran yang memperhatikan perkembangan terhadap 4 aspek kebahasaan yaitu berbicara, membaca, mendengarkan, dan menulis. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan di kelas IV-C selama ini hanya membelajarkan aspek menulis saja. Aspek berbicara jarang sekali dibelajarkan. Akibatnya adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia aspek berbicara sangat rendah. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada materi percakapan telepon dengan menggunakan metode sosiodrama pada siswa kelas IV-C SDN kepatihan 03 Kaliwates – Jember tahun ajaran 2010 – 2011. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 03 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 42 orang siswa. Pembelajaran dikelas menggunakan metode sosiodrama. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 14 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa. Kemampuan berbicara siswa diukur dengan menggunakan tes performence siswa. Aspek yang diukur adalah aspek kelancaran, intonasi, penghayatan dan lafal. Pada aspek kelancaran siklus I porsentase ketuntasan klasikal sebesar 57,2% sedangkan pada siklus II sebesar 83,4%. Pada aspek intonasi siklus I porsentase ketuntasan klasikal sebesar 52,4% sedangkan pada siklus II sebesar 78,6%. Pada aspek penghayatan dan lafal siklus I porsentase ketuntasan klasikal sebesar 59,6% sedangkan pada siklus II sebesar 80,9%. Selain terjadi peningkatan ketrampilan berbicara siswa setelah mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode sosiodrama, siswa juga mengalami peningkatan perilaku. Perubahan perilaku diketahui dari hasil oebservasi observer yang mengarah pada perubahan dari perilaku negatif ke positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar pada aspek kemampuan berbicara pada materi percakapan telepon melalui penerapan metode sosiodrama.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4762
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository