PENATAAN POLA PARKIR KAWASAN PASAR KEPATIHAN JEMBER ( SISI JALAN AHMAD YANI JEMBER)
View/ Open
Date
2013-12-05Author
BAGUS DODY OKTARIZA
BAGUS DODY OKTARIZA
Metadata
Show full item recordAbstract
Kondisi parkir di kawasan pasar Kepatihan terletak di pinggir jalan (on street
parking). Dengan kondisi parkir yang demikian maka terjadi penyempitan jalan yang
berpengaruh terhadap kelancaran arus lalu lintas di sekitar lokasi Dari data hasil
pengamatan yang telah dilakukan di kawasan pasar Kepatihan Jember .Panjang
kemacetan hingga jarak kurang lebih 200 m dari tempat penyeberangan pasar
kepatihan (zebra cross) di depan Jl. Ahmad Yani hingga sepanjang lampu merah
Gladak Kembar. Lebar ruang parkir motor yang dipakai sebesar 3,7 m untuk sisi
kanan,sedangkan sisi kiri sebesar 2 meter sehingga lebar total jalan yang seharusnya
sebesar 14,5 m menjadi sekitar 8,8 m. Dengan adanya masalah parkir diatas maka
perlu dilakukan penelitian mengenai bagaimana karakteristik parkir serta optimalisasi
ketersediaan lahan parkir yang ada. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
penataan pola parkir di kawasan pasar Kepatihan Jember tehadap kinerja jalan
Ahmad Yani Jember.
Untuk itu dilakukan survey volume lalu lintas, geometrik jalan, hambatan
samping yang mengacu pada MKJI 1997 dan survei parkir melalui pencatatan plat
nomor setiap kendaraan yang parkir di badan jalan yang mengacu kepada Pedoman
Teknis Penyelengaran Fasilitas Parkir. Dari hasil survei didapatkan tingkat pelayanan
jalan di sekitar kawasan Pasar Kepatihan dan tingkat pelayanan parkir tiap sektor.
Setelah dilakukan analisa kemudian didapatkan kinerja jalan dan kinerja parkir
dimasing-masing sektor.
viii
Dari hasil analisis didapatkan V/C tertinggi yaitu sebesar 1.16 dengan tingkat
pelayanan F. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa pada ruas jalan
ini mengalami kemacetan yang tinggi pada jam-jam puncak, karena dari perhitungan
tingkat pelayanan didapatkan nilai melebihi dari nilai yang distandarkan. Nilai tingkat
pelayanan tertinggi yaitu pada hari Rabu dengan nilai Tingkat Pelayanan F. Dan
untuk nilai tingkat pelayanan terendah yaitu pada hari Minggu yaitu dengan nilai
A.Kapasitas jalan dipagi hari kecil dikarenakan saat pagi hari kendaraan yang parkir
dibadan jalan masih banyak, hal ini merupakan penyebab utama dari kemacetan jalan
depan pasar Kepatihan (sisi jalan Ahmad Yani). Dari analisa kinerja parkir kondisi
parkir kendaraan sepeda motor di kawasan pasar Kepatihan di hari Rabu, puncak
parkir terjadi di interval waktu 05.30-05.45 dengan jumlah kendaraan yang datang
sama sebanyak 148 kendaraan dan mobil sebanyak 7 kendaraan pada jam 08.00-
08.15. Seperti yang kita ketahui bahwa kapasitas parkir yaitu jumlah parkir
maksimum kendaraan di suatu tempat parkir dalam selang waktu tertentu
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan.
Terdapat dua alternatif penataan pola parkir di kawasan pasar Kepatihan. Setelah
dilakukan perbandingan antara penataan pola parkir pertama dan kedua, untuk
penelitian ini diambil penataan pola parkir alternatif yang pertama. Penataan pola
parkir alternatif pertama dengan parkir sepeda motor 900 dan parkir mobil 00 atau
parkir paralel dirasa lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari lebar efektif jalan yaitu
sebesar 12,2 m. Dengan diterapkannya pola parkir alternatif pertama nilai derajat
kejenuhannya sebesar 0,74 atau C sesuai dengan standart yang telah disyaratkan.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4098]