PENGGUNAAN COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN BENTUK FILM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI A Jurusan IPS SMA Nuris Jember Pada Mata Pelajaran Ekonomi Standar Kompetensi Memahami Kondisi Ketenagakerjaan, Kompetensi Dasar Mengklasifikasi Ketenagakerjaan Tahun Ajaran 2012/2013)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi
Y=4,199+ 0,530X1 + 0,963X2 +ei, sehingga terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara kemandirian dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar
siswa. Dari hasil uji F atau simultan diperoleh Fhitung sebesar 27,513 dan Ftabel
sebesar 3,18 maka (27,513 ≥ 3,18) yang berarti signifikan dan menerima hipotesis
alternatif. Hasil pengujian secara parsial variabel kemandirian diperoleh thitung
sebesar 2,936 dan ttabel sebesar 2,00 dengan nilai signifikansi (2,936 ≥ 2,00), thitung
sebesar 2,835 dan ttabel sebesar 2,00 untuk variabel gaya belajr kinestetik dengan
nilai signifikansi (2,835 ≥ 2,00), hal ini berarti hipotesis alternatif diterima.
Koefisien determinan R2 sebesar 51,9%, sedangkan sisanya 48,1% dipengaruhi
oleh faktor lain diluar penelitian ini. Besarnya kontribusi atau sumbangan secara
parsial masing-masing adalah 26,50% untuk variabel kemandirian dan 25,42%
untuk variabel gaya belajar kinestetik. Berdasarkan hasil penelitian ini juga dapat
diketahui bahwa variable kemandirian (X1) merupakan variabel yang dominan
berpengaruh terhadap hasil belajar (Y).