Show simple item record

dc.contributor.authorArnawati
dc.date.accessioned2013-12-05T03:38:16Z
dc.date.available2013-12-05T03:38:16Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM070210204066
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4582
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Slawu 03 Jember setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Slawu 03 Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas I tahun ajaran 2010-2011 dengan jumlah 49 siswa yang terdiri dari 24 laki-laki dan 25 perempuan. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Hasil observasi tiga aspek penilaian kemampuan membaca pada siklus I dan siklus II diperoleh data bahwa kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan secara bertahap. Pada siklus I terlihat kelancaran membaca siswa dengan persentase 86,73%, penggunaan lafal bahasa 73,46%, dan penggunaan intonasi dalam membaca 65,30%. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase sebagai berikut; 91,32 % sudah lancar dalam membaca, 80,10 % sudah tepat dalam melafalkan, dan 77,55% intonasi yang digunakan sudah benar. Secara klasikal aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase ketuntasan 74,83 % menjadi 82,11%. Beberapa saran berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu, 1) guru harus memberikan pengertian pada siswa tentang pentingnya kerjasama antar teman khususnya dalam hal-hal yang positif, 2) guru harus terus mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran agar siswa tidak merasa bosan dalam proses belajar mengajar, 3) siswa hendaknya lebih bersemangat dalam menerima pelajaran dan membudayakan sikap gemar membaca , 4) sekolah harus terus meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa guna mengembangkan kreativitas dan kerjasama guru, dan 4) diharapkan hasil penelitian ini digunakan sebagai sebuah masukan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan topik yang sejenis dengan pokok bahasan yang lebih luas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204066;
dc.subjectKemampuan Membaca Permulaan, Number Head Together (NHT)en_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS I SDN SLAWU 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record