• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS I SDN SLAWU 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Arnawati.pdf (354.6Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Arnawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Slawu 03 Jember setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Slawu 03 Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas I tahun ajaran 2010-2011 dengan jumlah 49 siswa yang terdiri dari 24 laki-laki dan 25 perempuan. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Hasil observasi tiga aspek penilaian kemampuan membaca pada siklus I dan siklus II diperoleh data bahwa kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan secara bertahap. Pada siklus I terlihat kelancaran membaca siswa dengan persentase 86,73%, penggunaan lafal bahasa 73,46%, dan penggunaan intonasi dalam membaca 65,30%. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase sebagai berikut; 91,32 % sudah lancar dalam membaca, 80,10 % sudah tepat dalam melafalkan, dan 77,55% intonasi yang digunakan sudah benar. Secara klasikal aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase ketuntasan 74,83 % menjadi 82,11%. Beberapa saran berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu, 1) guru harus memberikan pengertian pada siswa tentang pentingnya kerjasama antar teman khususnya dalam hal-hal yang positif, 2) guru harus terus mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran agar siswa tidak merasa bosan dalam proses belajar mengajar, 3) siswa hendaknya lebih bersemangat dalam menerima pelajaran dan membudayakan sikap gemar membaca , 4) sekolah harus terus meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa guna mengembangkan kreativitas dan kerjasama guru, dan 4) diharapkan hasil penelitian ini digunakan sebagai sebuah masukan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan topik yang sejenis dengan pokok bahasan yang lebih luas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4582
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository