Show simple item record

dc.contributor.authorANDIKA ADINANDA SISWOYO
dc.date.accessioned2013-12-05T03:13:39Z
dc.date.available2013-12-05T03:13:39Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM070210204146
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4528
dc.description.abstractPenelitian dilaksanakan bulan April 2011. Presentase aktivitas siswa pada siklus I terdiri dari aktivitas mendengarkan penjelasan guru 68,75%, kerja sama saat diskusi kelompok 61,25%, menjawab pertanyaan saat game 70% dan kemampuan memainkan turnamen akademik 73,75%. Sehingga aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 68,5%, dengan kriteria keaktifan siswa aktif. Sedangkan Presentase aktivitas siswa pada siklus II, terdiri dari aktivitas mendengarkan penjelasan guru 87,5%, kerja sama saat diskusi kelompok 85%, menjawab pertanyaan saat game 80,1% dan kemampuan memainkan turnamen akademik 88,8%,sehingga aktivitas siswa secara klasikal pada siklus II mencapai 85,6% dengan kriteria keaktifan siswa secara klasikal sangat aktif. Analisis hasil Tes Akhir pada pra siklus, ketuntasan secara klasikal hanya mencapai 37,5 % dan dinyatakan tidak tuntas. Siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 52,5 % yang dapat dikatakan ada peningkatan walaupun pada dasarnya tidak tuntas. Tes Akhir siklus II ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 97,5 % ,sehingga terlihat adanya peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, menumbuhkan rasa solidaritas untuk saling membantu dan bekerja sama dalam belajar, serta siswa juga dapat menerima adanya perbedaan keragaman yang ada di sekitar lingkungan belajarnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat digunakan sebagai metode alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204146;
dc.subjectTeams Games Tournament (TGT), Pokok Bahasan Pecahan Sederhanaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDN SEMPUSARI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record