• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI INOVASI PRODUK OLAHAN HASIL LAUT PADA UKM TRISNA MANDIRI, DENNA, DAN JAYA UTAMA 2 KOTA PROBOLINGGO

    Thumbnail
    View/Open
    Wahyu Nurlaili - 080210301040_1.pdf (418.0Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    WAHYU NURLAILI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara ataupun daerah. Peran penting tersebut telah mendorong banyak negara termasuk Indonesia untuk terus berupaya mengembangkan UKM. Walaupun kecil dalam skala jumlah pekerja, aset dan omzet, namun karena jumlahnya cukup besar, maka peranan UKM cukup penting dalam menunjang perekonomian. Dalam lingkungan bisnis saat ini semakin banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) yang muncul. Dengan banyaknya UKM-UKM yang muncul, penelitian ini menitikberatkan pada strategi inovasi yang dilakukan oleh pemilik UKM agar dapat bertahan dan mampu bersaing dengan UKM yang lain. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang ditujukan untuk mengetahui strategi inovasi produk dengan mendeskripsikan aspek teknologi yang digunakan, proses pembuatan produk, kemasan produk, dan produk baru yang dihasilkan. Dalam penelitian ini terdapat tiga informan yang menjadi subyek penelitian, 2 informan (UKM Trisna Mandiri dan Denna) berada di Kecamatan Kademangan dan 1 informan lainnya (UKM Jaya Utama 2) berada di Kecamatan Mayangan. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan diperoleh hasil gambaran mengenai strategi inovasi produk yang dilakukan oleh UKM Trisna Mandiri, Denna, dan Jaya Utama 2. Ketiga UKM ini dalam menjalankan usahanya mengalami naik turun dalam penjualan produk yang diproduksi. Hal ini karena banyaknya muncul UKM-UKM baru, dan UKM tersebut memproduksi produk yang hampir sama. Sehingga UKM dengan produk yang tidak inovatif akan mengalami kerugian. Untuk mengatasi hal ini, pemilik UKM selalu berupaya memproduksi dengan inovasi vii produk yang berbeda dengan UKM lain. Upaya yang dilakukan pemilik UKM tersebut yaitu dengan strategi inovasi produk yang meliputi inovasi teknologi, proses pembuatan, kemasan, dan adanya produk baru yang mereka produksi. Dengan strategi inovasi produk yang dilakukan pemilik UKM, pemilik UKM berupaya agar setiap produk yang dikeluarkan dapat diminati oleh konsumen. Upaya tersebut dilakukan dengan selalu peka terhadap perubahan selera konsumen. Dengan melakukan inovasi-inovasi, pemilik UKM mampu memenuhi selera konsumen yang selalu berubah-ubah. Hal ini membuat produk yang diproduksi UKM selalu laku dipasaran dan menambah jumlah konsumen terhadap produk yang diproduksi. Kata Kunci : Strategi Inovasi Produk,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4521
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository