• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDIALOG PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN SUMBER TENGAH 01 BONDOWOSO DENGAN METODE BERMAIN PERAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Adella Tri Puspita.pdf (1.187Mb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Adella Tri Puspita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini akan menerapkan metode bermain peran dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sumber Tengah 01 Bondowoso Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 14 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan Dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis keterampilan berdialog dengan menggunakan metode bermain peran siklus I dan siklus II serta hasil wawancara terhadap guru dan siswa setelah pelaksanaan penelitian. Pada siklus I, hasil analisis keterampilan berdialog dengan metode bermain peran hanya terdapat 57 % (8 siswa dari 14 siswa) yang mendapatkan nilai tuntas, sedangkan 43% (6 siswa dari 14 siswa) yang tidak tuntas. Untuk itu dalam siklus II agar lebih menarik perhatian siswa naskah dialog yang digunakan diambil dari cerita anak – anak yang sudah dikenal oleh siswa. Selain itu untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri siswa anggota kelompok yang semula pada siklus I berjumlah 2 orang menjadi 3 atau 4 orang. Sehingga hasil tes berdialog siswa mengalami perkembangan pesat, terdapat hampir seluruh siswa kelas V yang sudah mendapatkan nilai tuntas, yaitu terdapat 85,7 % (12 siswa dari 14 siswa) yang mendapatkan nilai tuntas. Peningkatan hasil tes pembelajaran berbicara khususnya berdialog pada siswa kelas V SDN Sumber Tengah 01 Bondowoso dengan metode bermain peran dari siklus I ke silus II meningkat sebesar 42, 7%. Berdasarkan hal tersebut metode bermain peran dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan dialog siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4458
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository