• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    OPTIMASI PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN STRATEGI JIGSAW IV-RECIPROCAL TEACHING

    Thumbnail
    View/Open
    Seminar+Nasional+Lingkungn+Hidup.pdf (996.9Kb)
    Date
    2013-06-26
    Author
    Suratno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Konsep keanekaragaman hayati merupakan topik yang menarik sekaligus menantang. Dalam mempelajari konsep keanekaragaman hayati selain diperlukan pemahaman konsep yang mendalam juga hubungan antar konsep. Konsep keanekaragaman hayati ada pada kelas X semeseter 2 yang meliputi konsep keanekaragaman gen, species, ekosistem, keanekaragaman hayati khas Indonesia, keaenakaragaman tumbuhan, dan hewan. Oleh karenanya proses pembelajaran diarahkan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik. Salah satu strategi belajar yang berpotensi dapat mengoptimalkan proses pembelajaran konsep keanekaragaman hayati adalah strategi Jigsaw lV- Reciprocal Teaching. Strategi ini selain siswa dilatih menjadi ahli menguasai konsep, ahli dalam berkomunikasi dan kerjasama juga dilatih mengembangkan keterampilan berpikir. Penelitian dilaksanakan di SMAN2 Jember, SMAN3 Jember, SMAN1 Kalisat Jember, dan SMA Muhammadiyah 3 Jember. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, instrumen hasil belajar kognitif, dan observasi. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa strategi Jigsaw lV-Reciprocal Teaching terbukti mampu meningkatkan proses pembelajaran konsep keanekaragaman hayati, keterampilan siswa dalam kegiatan praktikum, dan hasil belajar kognitif biologi siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/443
    Collections
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan [298]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository