PEMBERDAYAAN KECAKAPAN BERPIKIR KREATIF DENGAN ASESMEN PORTFOLIO PADA PERKULIAHAN EVALUASI HASIL BELAJAR BIDANG STUDI (EHB) BIOLOGI
Abstract
Asesmen portofolio adalah asesmen yang dilakukan untuk mengetahui kompetensi seseorang. Asesmen harus dapat mengungkapkan seoptimal mungkin kelebihan setiap individu, oleh karenanya asesmen harus berpusat pada pebelajar. Tujuan penelitian adalah mengungkap tentang pemberdayaan kecakapan berpikir kreatif khususnya pada perkuliahan evaluasi hasil beiajar bidangs tudi Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-PosfesNf on equivalent Contro Group Oestgn. Data kecakapan berpikirk reatif dianalisis dengan analisis kovarian Analisis kovarian dilakukan dengan SPSS for Window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen portofolio dapat memberdayakan kecakapan berpikir kreatif secara signifikan pada perkufiahan EHB mencakup aspek:(1) fluency(2) tlexibility, (3) originality, dan (4) elaboration.