• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI FISIKA SISWA SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Wahyu Rasyida - 080210192057_1.pdf (750.3Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Wahyu Rasyida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika di SMP secara umum adalah memberikan pengetahuan tentang fisika, kemampuan dalam keterampilan proses serta meningkatkan kreatifitas siwa. Kemampuan sains siswa di Jember tergolong rendah. Kenyataan tersebut dapat terjadi karena proses pembelajaran di sekolah tidak optimal. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang membuat siswa kurang aktif. Dengan demikian, proses belajar mengajar yang diharapkan mampu memanfaatkan secara optimal prinsip-prinsip pembelajaran seperti pendekatan, strategi atau metode pembelajaran, sehingga mampu mengembangkan semua unsur internal yang dimiliki siswa secara lebih intensif. Model pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan penguasaan konsep dan sekaligus dapat melibatkan siswa secara aktif salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar, dan grafik siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audiovisual dan mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audiovisual dengan model pembelajaran direct instruction. Daerah penelitian ini adalah SMPN 9 Jember yang ditentukan dengan metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji one way-ANOVA menggunakan SPSS 16. Sampel dalam penelitian vii ini adalah kelas VIII A dan VIII B yang ditentukan dengan metode cluster random sampling dengan teknik undian. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data peningkatan kemampuan multirepresentasi dianalisis menggunakan rumus Ngain dan hasil belajar kognitif produk siswa dianalisis dengan Independent Samples T-Test pada SPSS 16. Berdasarkan analisis data peningkatan kemampuan representasi verbal siswa berada pada krteria tinggi dengan nilai N-gain 0,74. Peningkatan kemampuan representasi matematik siswa berada pada kriteria sedang dengan nilai N-gain 0,58. Peningkatan kemampuan representasi gambar siswa berada pada kriteria sedang dengan nilai N-gain 0,53. Peningkatan kemampuan representasi grafik siswa berada pada kriteria sedang dengan nilai N-gain 0,42. Hasil belajar kognitif produk dinyatakan H viii 0 ditolak dan H diterima. Dengan kata lain, Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audiovisual dengan model pembelajaran direct instruction. 1 Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan representasi verbal siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audiovisual berada pada kriteria tinggi dengan nilai 0,74. Peningkatan kemampuan representasi matematik siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audiovisual berada pada kriteria sedang dengan nilai 0,58. Peningkatan kemampuan representasi gambar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audiovisual berada pada kriteria sedang dengan nilai 0,53. Peningkatan kemampuan representasi grafik siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audiovisual berada pada kriteria sedang dengan nilai 0,42. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audiovisual dengan model pembelajaran direct instruction pada pembelajaran fisika di SMP.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4403
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository