• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENGGUNAAN MEDIA TIRUAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PEMAHAMAN SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri Arjasa Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013 Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Mencatat Transaksi ke Dalam Jurnal Umum Pada Perusahaan Jasa)

    Thumbnail
    View/Open
    Friska Eris Novitasari - 080210391060_1.pdf (265.5Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    FRISKA ERIS NOVITASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi awal dan wawancara pada guru Akuntansi dan siswa kelas XI IPS 3 ditemukan adanya permasalahan yaitu kurangnya keterampilan siswa pada saat proses pembelajaran akuntansi. Hasil observasi awal menunjukkan skor rata-rata keterampilan siswa sebesar 1,73 dengan kategori rendah, serta pemahaman siswa yang dilihat dari hasil ulangan harian kelas XI IPS 3 ya ng tergolong kurang dibandingkan dengan kelas lain yaitu sebesar 45,45% dari 33 siswa sebanyak 15 siswa mengalami ketuntasan dan 18 siswa tidak tuntas. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang relevan dengan pengalaman siswa dalam proses pembelajaran di kelas, sehinggasiswa kurang terampil dalam menganalisis bukti transaksi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan media pembelajaranyang bisa meningkatkan keterampilan siswa yaitu dengan menggunakan media tiruan. Manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusiyangbaik guna memperbaikidan meningkatkan kualitas proses pembelajaran, khususnya dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa di kelasXI IPS 3 SMA Negeri Arjasa semester genap tahun pelajaran 2012-2013 pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat transaksi ke dalam jurnal umum pada perusahaan jasa. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive viii area yaitu pada kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Arjasa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dapat diketahui dengan penggunaan media tiruan terbukti dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Arjasa Semester Genap Tahun Pelajaran 2012 -2013 pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat transaksi ke dalam jurnal umum pada perusahaan jasa. Peningkatan keterampilan belajar tersebut dapat dilihat dari skor ratarata keterampilan siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 1,97 dan pada siklus II adalah 2,54. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan belajar siswa meningkat dari kategori rendah menjadi tinggi. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 62,85% yang masih belum mencapai ketuntasan secara klasikal dan ketuntasan belajar pada siklus II mencapai 85,71%, yang berarti pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan oleh sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4399
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository