Show simple item record

dc.contributor.authorAri Soraya Nurilah
dc.date.accessioned2013-12-05T01:35:57Z
dc.date.available2013-12-05T01:35:57Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210102014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4317
dc.description.abstractFisika merupakan mata pelajaran yang memerlukan pemahaman daripada penghafalan, tetapi diletakkan pada pengertian dan pemahaman konsep yang dititik beratkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui penemuan, penyajian data secara sistematis dan berdasarkan aturan-aturan tertentu. Solusi alternatif untuk menumbuhkan sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa yaitu dengan proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan. Salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kooperatif tipe TPS Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS vii concept mapping terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa kelas X di SMAN 2 Tanggul. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Metode penentuan sampel penelitian yang digunakan adalah metode cluster random sampling. Sebelum melakukan pengambilan sampel, dilakukan uji homogenitas dengan analisis of varian menggunakan SPSS 16 terhadap populasi kelas X di SMA Negeri 2 Tanggul. Jika homogen akan diambil secara acak sampel yang dibutuhkan sebagai kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest-only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan adalah skor angket sikap ilmiah dan nilai hasil post test siswa. Berdasarkan hasil uji homogenitas nilai signifikan 0,856 > 0,05 sehingga variansi data varian homogen, sehingga uji ANOVA dapat dilanjutkan. Hasil dari anova diperoleh nilai signifikansi data 1.000 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang ada adalah homogen. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk uji hipotesis penelitian 1, terlihat bahwa F hitung levene test sebesar 0,005 dengan signifikansi 0,942  0,05. Hasil analisis Independent-Sample T-test di atas menunjukkan nilai t pada equal variances assumed adalah 3,342 dengan signifikansi pada equal variance assumed adalah 2,141 dengan signifikansi Kesimpulan yang diperoleh adalah model kooperatif tipe TPS dengan metode eksperimen disertai teknik concept mapping berpengaruh terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa kelas X di SMAN 2 Tanggul.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102014;
dc.subjectTipe TPS (Think-Pair-Share)en_US
dc.titlePENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TPS ( MAPPING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 TANGGULen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record