• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN AKTIVITAS BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012

    Thumbnail
    View/Open
    WAHYU APRIANDRI HERRY - 070210201082_1.pdf (366.5Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    WAHYU APRIANDRI HERRY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam tatanan riil Kejar Paket C kadang dihadapkan pada berbagai persoalan dilematis yang sering menjadi batu sandungan dalam mencapai tujuan keberhasilan yang maksimal terutama persoalan yang terkait dengan motivasi. Sebab apabila dalam proses belajar-mengajar warga belajarnya tidak memiliki motivasi yang mendukung maka tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak akan terwujud. Untuk itu perlu adanya suatu dorongan agar proses belajar-mengajar bisa berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Aktivitas pembelajaran adalah semua kegiatan individu (warga belajar) secara sadar dalam upaya mengembangkan pengetahuan, kepribadian dan keterampilan. Wasty Soemanto mengklasifikasikan aktivitas mengikuti pembelajaran kedalam aktivitas yang meliputi: aktivitas mendengarkan, aktivitas memandang, aktivitas meraba/ membau/ mengecap, aktivitas menulis atau mencatat, aktivitas membaca, aktivitas menyusun laporan, aktivitas mengingat, aktivitas berfikir dan aktivitas melatih/ mempraktikam (1989:107). Di sisi lain yang saya ketahui ketika saya melakukan penelitian masih banyak warga sekitar yang dalam proses belajar masih kurang dalam motivasi belajarnya. Sehungga saya berminat dalam meneliti tentang motivasi belajar warga belajar kejar paket C. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara motivasi belajar dengan aktivitas belajar warga belajar Kejar Paket C di UPTD SKB Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Penentuan tempat penelitian yang digunakan menggunakan metode purposive. Pelaksanaan penelitian 7 bulan yaitu bulan Juli 2011 sampai dengan Februari 2012. Penentuan responden penelitian menggunakan tekhnik populasi yaitu keseluruhan obyek penilitian yang berupa data yang bersumber dari manusia. Jumlah responden yang akan diteliti adalah 30 responden. Jumlah sampel yang diambil dari populasi yang dilakukan oleh peneliti diperkuat oleh Arikunto (2006 : 115). Teknik pengumpulan data diambil dari hasil angket dengan menggunakan kuesioner tertutup, Data utama dilakukan melalui penyebaran angket sedangkan data pelengkap diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara editing, coding, scoring dan tabulating. Teknik penyajian data dilakukan dengan menggunakan skala pengukuran berbentuk interval, uji validitas item dari instrumen menggunakan rumus korelasi product moment sedangkan uji reabilitas angket menggunakan rumus alpha cronbach. Untuk menguji hipotesis mengenai hubungan antara motivasi belajar dengan aktivitas pembelajaran warga belajar Kejar Paket C di UPTD SKB Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2011/ 2012 menggunakan tehnik analisis Korelasi Product Moment. Hasil analisis data yang ditunjukan melalui tabel Product Moment Berdasarkan hasil analisis data diketahui nilai r hitung 0,870. Apabila nilai tersebut dibandingkan dengan nilai r tabel pada lampiran yaitu 0,361 lebih besar maka Ha diterima yang berarti bahwa: ada hubunganantara motivasi belajar dengan aktivitas belajar warga belajar Kejar Paket C “cukup tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan adalah Sanggar Kegiatan Belajar Bondowoso khususnya bagi para pamong belajar supaya lebih mempertahankan motivasi belajar warga belajar khususnya Kejar Paket C agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar sehingga aktivitas pembelajaran warga belajar tetap berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Dan bagi para warga belajar khususnya Kejar Paket C agar tetap termotivasi untuk belajar sehingga prestasi belajar warga belajar dapat terwujud.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4247
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 

      Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU (2014-01-29)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository