dc.description.abstract | Mengajarkan anak membaca dimulai dari usia dini. Minat membaca anak
melalui metode bercerita dengan menggunakan media dapat diartikan bahwa dalam
memberikan pendidikan pada anak usia Taman Kanak-kanak dilakukan dalam situasi
yang menyenangkan sehingga ia tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran.
Artinya metode dan media yang digunakan harus menarik perhatian serta mudah
diikuti sehingga anak akan termotivasi untuk belajar membaca. Oleh karena itu,
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan minat
baca anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media di Kelompok B4
TK. Al- Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya
Peningkatkan minat baca anak melalui metode bercerita dengan menggunakan
media di Kelompok B4 TK. Al- Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember
Tahun Pelajaran 2011/2012. Manfaat penelitian adalah untuk memaparkan
kegunaan hasil penelitian yang telah dicapai, baik untuk penelit i, orang tua, TK.
Al- Amien dan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah.
Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan diatas yaitu
dengan metode deskriptif kualitatif karena penelit ian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan upaya peningkatkan minat baca anak melalui metode bercerita
dengan menggunakan media dengan jumlah informan kunci 2 guru dengan
tekhnik purposive sampling dan informan pendukung yaitu 26 orang tua murid
kelompok B4 (Bapak/Ibu) dan kepala TK. Lokasi tempat penelit ian yakni di TK.
Al- Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Data primer adalah wawancara
dan observasi. Wawancara untuk mengetahui peningkatan minat baca anak melalui
metode bercerita dengan membacakan cerita, adanya perpustakaan sekolah dan
bermain sambil membaca dan observasi untuk mengetahui perkembangan minat
baca anak mela lui metode bercerita dengan menggunakan media gambar, boneka
dan media buku. Data sekunder dalam penelit ian ini dokumentasi. Analisis data
dalam penelit ian menggunakan triangulasi sumber yakni membandingkan dan
mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh mela lui
waktu dan alat yang berbeda dalam penelit ian kualitatif unt uk mencapai tujuan
tentang adanya peningkatkan minat baca anak melalui metode bercerita dengan
menggunakan media di Kelompok B4 TK. Al- Amien.
Berdasarkan hasil analisis terhadap data hasil penelitian yang telah diuraikan
dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan minat baca anak mela lui metode
bercerita dengan menggunakan media di kelompok B4 TK. Al- Amien Kecamatan
Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Melalui metode bercerita
dengan menggunakan media gambar, boneka dan media buku diketahui adanya
peningkatan minat baca anak didik di kelompok B4 TK. Al- Amien. Hal ini
terbukti dari anak didik dapat mengingat pesan cerita melalui media gambar misal
saat anak dapat menceritakan kembali isi cerita tersebut, melalui media boneka anak
didik terbukti dapat lebih mengingat peran dari tokoh-tokoh dalam cerita, dan melalui
media buku anak didik dapat membaca buku cerita bergambar sederhana. Saran
yang penelit i dapat berikan adalah diharapkan hasil penelitian ini sebagai saran
untuk guru memiliki kemampuan menggunakan media gambar, boneka, dan buku
dalam peningkatan minat baca anak didik di TK.AL-AMIEN, Kepala sekolah
hendaknya melakukan suatu pemantauan dan pengawasan baik anak didik maupun
guru secara rutin dan terjadwal. Untuk orang tua agar meningkatkan kepedulian dan
dukungan terhadap program TK. | en_US |