dc.description.abstract | endidikan Anak Usia Dini
Masalah pertama yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana
strategi pendidikan anak usia dini yang diterapkan di Taman Penitpan Anak Islam
Yayasan Mutiara Bunda yang meliputi aspek-aspek: tujuan, bahan pelajaran, kegiatan
belajar mengajar, metode, alat/media belajar, sumber belajar, dan evaluasi. Masalah
yang kedua adalah faktor apa yang mendukug dan menghambat pelaksanaan
pendidikan anak usia dini di Taman Penitipan Anak Yayasan Mutiara bunda.
Tujuan yang pertama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi
pendidikan anak usia dini yang ada di taman penitipan anak Yayasan Mutiara bunda
yang meliputi aspek-aspek: tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar,
metode, alat/media belajar, sumber belajar, dan evaluasi. Tujuan yang kedua adalah
untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam
pelaksanaan pendidikan anak usia dini yang ada di Taman Penitipan Anak Yayasan
Mutiara bunda
. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan nantinya dapat menjadi bahan
pertimbangan serta sumbangan pikiran dalam proses pendidikan yang ada di Taman
Penitipan Anak sehingga dapat berjalan sesuai dengan harapan.
Penelitian ini dilakukan di Taman Penitipan Anak Islam
Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang telah
dilakukan oleh peneliti, maka diperoleh bahwa Taman Penitipan Anak di Yayasan
Mutiara Bunda dalam pelaksanaannya menggunaka tiga metode untuk dij adikan
sebagai strategi pendidikan yaitu, metode bermain, bernyanyi, dan pembiasaaan.
Selain itu , Taman Penitipan Anak Yayasan Mutiara Bunda juga telah melaksanakan
strategi pendidikan anak usia dini. Hal tersebut dapat dilihat dari komponen
pendidikan pendidikan yang dimiliki, seperti: tujuan, bahan pelajaran, kegiatan
belajar mengajar, metode, media belajar, sumber belajar, dan evaluasi yang telah
disesuaikan dengan petunjuk teknis penyelenggaraan taman penitipan anak.
Penulis menyarankan kepada pihak-pihak yang terkait dalam Taman
Penitipan Anak Islam buah Hati Kita seperti kepala taman penitipan anak,
koordinator taman penitipan anak, pendidik, dan orang tua anak balita untuk selalu
menjalin kerja sama. Selain itu juga faktor-faktor pendukung yang ada juga harus
selalu dipertahankan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Mengenai
faktor penghambat penulis menyarankan untuk diminimalkan yaitu dengan cara
meningkatkan sarana dan prsarana seperti pengadaan APE dan alat peraga serta
meningkatkan fasilitas-fasilitas yang ada di Taman Penitipan Anak Islam | en_US |