• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN PENITIPAN ANAK YAYASAN MUTIARA BUNDA

    Thumbnail
    View/Open
    DEDY CANDRA DINATA - 070210201105 (2)_1.pdf (175.9Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    DEDY CANDRA DINATA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    endidikan Anak Usia Dini Masalah pertama yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pendidikan anak usia dini yang diterapkan di Taman Penitpan Anak Islam Yayasan Mutiara Bunda yang meliputi aspek-aspek: tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat/media belajar, sumber belajar, dan evaluasi. Masalah yang kedua adalah faktor apa yang mendukug dan menghambat pelaksanaan pendidikan anak usia dini di Taman Penitipan Anak Yayasan Mutiara bunda. Tujuan yang pertama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pendidikan anak usia dini yang ada di taman penitipan anak Yayasan Mutiara bunda yang meliputi aspek-aspek: tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat/media belajar, sumber belajar, dan evaluasi. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini yang ada di Taman Penitipan Anak Yayasan Mutiara bunda . Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan nantinya dapat menjadi bahan pertimbangan serta sumbangan pikiran dalam proses pendidikan yang ada di Taman Penitipan Anak sehingga dapat berjalan sesuai dengan harapan. Penelitian ini dilakukan di Taman Penitipan Anak Islam Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang telah dilakukan oleh peneliti, maka diperoleh bahwa Taman Penitipan Anak di Yayasan Mutiara Bunda dalam pelaksanaannya menggunaka tiga metode untuk dij adikan sebagai strategi pendidikan yaitu, metode bermain, bernyanyi, dan pembiasaaan. Selain itu , Taman Penitipan Anak Yayasan Mutiara Bunda juga telah melaksanakan strategi pendidikan anak usia dini. Hal tersebut dapat dilihat dari komponen pendidikan pendidikan yang dimiliki, seperti: tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, media belajar, sumber belajar, dan evaluasi yang telah disesuaikan dengan petunjuk teknis penyelenggaraan taman penitipan anak. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak yang terkait dalam Taman Penitipan Anak Islam buah Hati Kita seperti kepala taman penitipan anak, koordinator taman penitipan anak, pendidik, dan orang tua anak balita untuk selalu menjalin kerja sama. Selain itu juga faktor-faktor pendukung yang ada juga harus selalu dipertahankan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Mengenai faktor penghambat penulis menyarankan untuk diminimalkan yaitu dengan cara meningkatkan sarana dan prsarana seperti pengadaan APE dan alat peraga serta meningkatkan fasilitas-fasilitas yang ada di Taman Penitipan Anak Islam
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4221
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository