• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KELOMPOK BELAJAR PAKET C KELAS X DI SKB BONDOWOSO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Dani Andrianzah - 080210201013_1.pdf (385.3Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Dani Andrianzah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Motivasi belajar mempunyai peranan yang sangat penting bagi warga belajar dalam proses pembelajaran agar warga belajar tersebut dapat mencapai hasil belajar yang baik. Dengan kata lain motivasi belajar sangat berpengaruh dalam menentukan hasil belajar yang dicapai oleh warga belajar. Hal ini sesuai dengan pengertian motivasi belajar yang diartikan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila ia tidak suka, maka akan berusaha untuk meniadakan atau mengelak perasaan tidak suka itu. Mengacu pada pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar tidak bisa lepas dari warga belajar oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian tentang hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar warga belajar kelompok belajar paket C kelas X di SKB Bondowoso semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar warga belajar kelompok belajar paket C kelas X di SKB Bondowoso semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi warga belajar sebagai tolok ukur hasil belajar sehingga warga belajar dapat melihat hasil yang telah diraihnya sehingga dapat meningkatkan prestasinya, bagi Program Studi PLS dapat memberikan manfaat akademik sebagai tambahan referensi, dan bagi Perguruan Tinggi dapat merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dharma penelitian. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin menghubungkan antara motivasi belajar dengan hasil belajar warga belajar kelompok belajar paket C kelas X di SKB Bondowoso semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah responden 29 orang yang diambil dengan teknik populasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari penghitungan hasil angket sedangkan untuk data sekundernya diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang dengan alasan jumlah responden kurang dari 30 orang. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Hipotesis Kerja ( Ha ) “ Ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar warga belajar kelompok belajar paket C kelas X di SKB Bondowoso semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012”, dan Hipotesis Nol ( Ho) “ tidak ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar warga belajar kelompok belajar paket C kelas X di SKB Bondowoso semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012”. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh r hitung sebesar 0,916. Nilai ini lebih besar daripada r tabel untuk N = 29 dengan tingkat kepercayaan 95% sebesar 0,364, sehingga hasilnya signifikan yaitu Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Kerja (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar warga belajar kelompok belajar paket C kelas X di SKB Bondowoso semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dengan tingkat korelasi tinggi. Berkenaan dengan hasil penelitian di atas maka saran yang dapat diberikan bagi pamong belajar adalah untuk terus memberikan arahan yang baik dan memotivasi warga belajar agar giat belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang tinggi, bagi warga belajar hendaknya terus meningkatkan motivasi belajar agar hasil belajar yang dicapai semakin baik sehingga dapat meraih tujuan belajarnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4219
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 

      Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU (2014-01-29)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository