• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA DALAM METODE PEMBELAJARAN KELOMPOK BELAJAR PAKET C OLEH MAHASISWA KK-PPL DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Ayub Setiawan - 080210201031 (2)_1.pdf (297.0Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Ayub Setiawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Usia Orang Dewasa adalah usia ketika seorang memasuki masa kecenderungan lemah semangat dalam pendidikan atau pembelajarannya dalam suatu kelompok belajar. Masa ini sangat membutuhkan penguatan-penguatan psikis melalui beberapa prinsip-prinsip dalam pengajarannya yakni sebagai fondasi atau dasar-dasar pemacu dan perangsang minat guna pengembangan motivasi, bahasa, komunikasi, serta keaktifan melalui latihan-latihan. Agar pemecahan masalah bahwa tutor dituntut mampu menerapkan prinsipprinsip Pendidikan Orang Dewasa dapat tuntas dan tidak salah arah, lingkup masalah harus dibatasi dan dinyatakan atau dirumuskan dengan jelas. Berdasarkan pernyataan diatas, rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan prinsipprinsip pendidikan orang dewasa dalam program pembelajaran kelompok belajar paket C Oleh Mahasiswa KK-PPL di SKB Bondowoso Tahun 2011/2012? “. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa dalam program kelompok belajar paket C Oleh Mahasiswa KK-PPL di SKB Bondowoso. Manfaat penelitian bagi instansi terkait yaitu SKB Bondowoso, dapat di jadikan salah satu bahan pertimbangan dan evaluasi dari program pembelajaran di kelompok belajar paket C, dan manfaat bagi peneliti mampu menambah ilmu pengetahuan dan ketrampilan tentang penelitian atau karya ilmiah, serta memperoleh berbagai sikap-sikap positif yang dapat dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Serta membawa nama Perguruan Tinggi pada waktu terjun di masyarakat untuk melaksanakan penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif karena bermaksud untuk mengetahui bagaimana tutor atau mahasiswa KK-PPL menerapkan prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa dalam pembelajaran kelompok belajar paket C. Daerah atau tempat penelitian ini ditetapkan di kelompok belajar paket C SKB Bondowoso ditetapkan mengunakan metode porposive sampling area dengan tujuan untuk menetapkan lokasi yang di anggap pas untuk penelitian.dengan informan kunci 6 tutor atau mahasiswa KK-PPL pendidik kelompok belajar paket C dan informan pendukung 3 pamong belajar yang berstatus sebagai masing-masing wali kelas di kelompok belajar paket C SKB Bondowoso. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Informasi yang diperoleh dengan wawancara dengan informan kunci yang di cocokkan dengan hasil wawancara pada pendukung dan hasil observasi secara langsung dengan teknik triangulasi atau verifikasi untuk mendapatkan data yang valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa dalam metode pembelajaran kelompok belajar paket C di SKB Bondowoso Tahun 2011/2012 telah diterapkan oleh tutor atau mahasiswa KKPPL. Prinsip tersebut meliputi motivasi, komunikasi dua arah, latihan serta belajar aktif. Dari hasil penelitian yang berjudul Penerapan Prinsip-Prinsip Pendidikan Orang Dewasa Dalam Metode Pembelajaran Kelompok Belajar Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bondowoso Tahun Pelajaran 2011/2012, maka saran yang dapat peneliti sampaikan kepada tutor atau Mahasiswa KK-PPL hendaknya dapat menerapkan ilmu yang dimilikinya dengan maksimal yang ada kaitannya dengan pendidikan orang dewasa, sehingga mampu menciptakan suasana belajar dan diskusi yang lebih bervariatif sehingga dapat memacu dan menumbuhkan semangat belajar warga belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4216
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository