• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SDN RAMBIPUJI 02 MATA PELAJARAN PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI

    Thumbnail
    View/Open
    Arinda Ayu Safitri - 090210204063_1.pdf (161.2Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Arinda Ayu Safitri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mata pelajaran PKn adalah pembelajaran yang berlandaskan pada nilai, moral, dan norma. Mata pelajaran PKn memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan jati diri anak bangsa, namun antusiasme siswa kelas VA SDN Rambipuji 02 terhadap mata pelajaran PKn sangat rendah dan hal tersebut berimbas pada hasil belajar yang diperoleh. Faktor yang mempengaruhi rendahnya antusiame dan hasil belajar siswa adalah gaya mengajar guru yang monoton, guru hanya memberikan penjelasan dan jarang melibatkan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa cenderung malas dan pasif ketika pembelajaran PKN. Berdasarkan masalah tersebut, maka diperlukan suatu gaya mengajar yang berbeda yang lebih menarik bagi siswa agar siswa bisa terlibat secara aktif dalam pembelajran. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe time token. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Rambipuji 02 mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Rambipuji 02 mata pelajaran Pkn materi kebebaan berorganisasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token. Penelitian ini dilakukan di SDN Rambipuji 02 Kabupaten Jember, diikuti oleh semua siswa kelas VA SDN Rambipuji 02 yang berjumlah 38 siswa, terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe time token, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas VA SDN Rambipuji 02. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Hasil observasi awal terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Rambipuji 02 adalah sebanyak 55,26% siswa dinyatakan tidak tuntas atau mendapatkan nilai di bawah KKM. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Rambipuji 02 mata pelajaran PKn materi kebebsan berorganisasi berjalan dengan baik. Aktivitas siswa pada tiap indikator selalu menunjukkan peningkatan selama pembelajaran siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan adanya peningkatan yang sigifikan. Peningkatan ini dapat diketahui dari perbandingan hasil nilai post tes siswa antara nilai prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 44,74%. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 27 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 73,7%. Pada tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 32 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 84,2%. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) bagi guru, sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang bervariatif yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat, model pembelajaran kooperatif tipe time token bisa dijadikan salah satu alternatifnya, dan 2) bagi siswa, sebaiknya terus melatih keberanian mengungkapkan pendapatnya agar bisa ikut terlibat aktif dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4190
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15431]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository