Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad Utman Subandi
dc.date.accessioned2013-12-04T10:39:46Z
dc.date.available2013-12-04T10:39:46Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204229
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4170
dc.description.abstractKeterampilan menulis sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa, mempunyai peranan yang penting di dalam kehidupan manusia. Dengan menulis, seseorang dapat mengungkapkan ide, gagasan dan pesan kepada orang lain dengan bahasa tulis untuk menyampaikan maksud dan tujuannya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, rendahnya kemampuan menulis siswa kelas V di SDN Arjasa 02 Jember disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) siswa mengalami kesulitan dalam menemukan dan menuliskan ide/gagasan dalam menentukan sebuah judul karangan; 2) siswa mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pikiran, perasaan dan gagasan mereka secara tertulis dalam bentuk karangan; 3) siswa kesulitan dalam menuliskan isi cerita secara runtut; 4) siswa belum mampu menggunakan kalimat yang padu; dan 5) siswa belum mampu menggunakan ejaan yang benar. Oleh karena itu, diperlukan media yang dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan media gambar seri. Berdasarkan latar belakang di atas maka dirumuskan masalah dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut: (1) bagaimanakah penggunaan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi sugestif siswa kelas V SDN Arjasa 02 Jember tahun pelajaran 2012/2013? dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis karangan narasi sugestif siswa kelas V SDN Arjasa 02 Jember tahun pelajaran 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran menulis narasi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Arjasa 02 tahun pelajaran 2012/2013; dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis siswa kelas V SDN Arjasa 02 tahun pelajaran 2012/2013 dalam menulis karangan narasi setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Arjasa 02 Jember kelas V yang terdiri dari 29 siswa, dengan 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara , observasi dan tes. Kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Arjasa 02 mengalami peningkatan. Sebelum menggunakan media gambar seri (prasiklus) hanya terdapat 4 siswa yang mencapai nilai ≥ 62. Setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media gambar seri, pada siklus I terdapat 17 siswa yang mendapat nilai ≥ 62. Pada siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I, yang mendapat nilai ≥ 62 sebanyak 22 siswa. Jadi, sebanyak 22 siswa atau 76 % dari total 29 siswa kelas V SDN Arjasa 02 sudah mencapai ketuntasan nilai secara klasikal (≥ 70% dari jumlah siswa). Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sekolah hendaknya memberikan fasilitas untuk pengadaan media pembelajaran sehingga dapat menunjang tercapainya pelaksanaan pembelajaran menulis karangan menjadi lebih baik dan guru dapat menggunakan gambar seri sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204229;
dc.subjectKEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF, MEDIA GAMBARen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS V SDN ARJASA 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record