• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENGARUH PENDEKATAN DENGAN DENGAN DENGAN PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METODE METODE DENGAN METODE BERPIKIR BERPIKIR BERPIKIR BERMAIN BERMAIN METODE BERMAIN TINGKAT TINGKAT BERPIKIR TINGKAT OPEN OPEN PEMBELAJARAN OPEN PERAN PERAN BERMAIN PERAN TINGGI TINGGI TINGKAT TINGGI (Kelas (Kelas (Kelas (Kelas VII VII VII VII PERAN TERHADAP DAN DAN TINGGI DAN NEGERI NEGERI NEGERI ENDED ENDED OPEN ENDED TERHADAP TERHADAP (OE) (OE) ENDED (OE) TERHADAP KEMAMPUAN HASIL HASIL DAN HASIL NEGERI 11 Semester Semester Semester Semester 11 11 BELAJAR BELAJAR HASIL BELAJAR JEMBER JEMBER 11 JEMBER Genap Genap Genap Genap JEMBER Tahun Tahun Tahun Tahun SKRIPSI SKRIPSI SKRIPSI SKRIPSI (OE) KEMAMPUAN KEMAMPUAN KEMAMPUAN SISWA SISWA BELAJAR SISWA Ajaran Ajaran Ajaran Ajaran SMP SMP SISWA SMP 2012/2013) 2012/2013) 2012/2013) 2012/2013)

    Thumbnail
    View/Open
    Winda Anista - 090210103065_1.pdf (417.4Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Winda Anista
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya kualitas pengajaran guru di dalam kelas terhadap materi biologi yang berdampak pada menurunnya kualitas pendidikan di Indonesia. Orientasi siswa yang cenderung mengahafal materi biologi membuat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sangat rendah. Disamping itu, tuntutan kurikulum 2013 yang lebih menekankan pada proses berpikir siswa dibandingkan hasil yang diperoleh siswa setelah menerima materi menuntut guru untuk menggunakan suatu model atau metode yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Pendekatan pembelajaran Open ended (OE) dengan metode bermain peran merupakan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dengan cara memberikan suatu permasalahan terbuka dimana terdapat banyak penyelesaian yang mungkin. Selain itu, penambahan metode bermain peran dalam pendekatan Open ended dapat meningkatkan minat siswa dan membuat siswa tidak jenuh terhadap materi yang sedang dipelajari. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh dari pendekatan pembelajaran Open ended (OE) dengan metode bermain peran yang dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Jember. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen pada pertemuan pertama dan kedua dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open Ended dengan metode bermain peran; (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Semester pendekatan pembelajaran Open Ended dengan metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 11 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Jember pada kelas VII C (kelas eksperimen) dan VII D (kelas kontrol) tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan teknik quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan wawancara semi formal. Untuk peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa data yang diperoleh dianalisis dengan uji Paired Sample t-Test dan hasil belajar siswa data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kovarian (ANAKOVA). Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 24 Mei sampai dengan 3 Juni 2013. Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas guru, tes individu, dan penilaian afektif siswa berupa lembar observasi. Perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen antara pertemuan pertama dan kedua terlihat dari hasil analisis t-Test yang menunjukkan tugas pertama dan tugas kedua siswa diketahui memiliki signifikasi 0,000 atau probabilitas < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa antara pertemuan pertama dan pertemuan kedua dimana terjadi peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pertemuan kedua. Pengaruh pendekatan pembelajaran Open ended (OE) dengan metode bermain peran terhadap hasil kognitif siswa pada kelas eksperimen dihasilkan rata-rata sebesar 72,64 dari 30,29 lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang memiliki rata-rata 50,35 dari 29,45. Dari hasil analisis diperoleh signifikasi sebesar 0,000 < 0,005 yang menunjukkan terdapat pengaruh signifikan pendekatan pembelajaran Open ended (OE) dengan metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran Open ended (OE) dengan metode bermain peran di SMP Negeri 11 Jember berpengaruh positif sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4116
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository