Show simple item record

dc.contributor.authorErwin Novita Sari
dc.date.accessioned2013-12-04T07:28:59Z
dc.date.available2013-12-04T07:28:59Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210103029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4001
dc.description.abstractHasil observasi awal di kelas XC SMA Negeri 2 Tanggul-Jember, ditemukan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah. Hal tersebut berimbas pada hasil belajar siswa. Diketahui data hasil belajar dari nilai ulangan harian KD 3.2 mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia dan usaha pelestarian serta pemanfaan sumber daya alam. Hasil belajar siswa masih banyak yang belum tuntas, dari 39 siswa yang mengikuti ulangan, hanya 6 siswa yang tuntas atau sekitar 15,4 %, sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 33 siswa atau sekitar 84,6 %. Melihat data-data tersebut, maka hasil belajar kelas XC masih rendah dan perlu ditingkatkan. Peningkatan motivasi dan hasil belajar dilakukan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipeTPS (Think Pair Share) dengan media berbasis website. TPS merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif sederhana yang memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerjasama dengan orang lain. Think Pair Share memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi waktu siswa lebih banyak untuk berpikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Tanggul- Jember. Jenis penelitian ini merupakan tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan (2 kali pertemuan materi, 1 kali pertemuan evaluasi). Pelaksanaan penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XC SMA Negeri 2 Tanggul-Jember melalui penerapan model pembelajaran TPS dengan media berbasis website. Peningkatan motivasi siswa sebesar 39,31% dengan rincian pada aspek attention sebesar 16,63, aspek relevance meningkat sebesar 9,25%, aspek confidence meningkat sebesar 7,18% dan aspek satisfaction meningkat sebesar 6,25%. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif meningkat sebesar 66,65% sedangkan peningkatan pada ranah afektif sebesar 30,8%. Kesimpulan yang diperoleh dari analisis data dan pembahasan adalah ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan media berbasis website pada siswa kelas XC di SMA Negeri 2 Tanggul-Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103029;
dc.subjectTipe TPS (Think-Pair-Share)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEDIA BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas XC di SMAN 2 Tanggul - Jember Tahun Pelajaran 2012/2013)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record