• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEDIA BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas XC di SMAN 2 Tanggul - Jember Tahun Pelajaran 2012/2013)

    Thumbnail
    View/Open
    Erwin Novita Sari - 090210103029_1.pdf (529.0Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Erwin Novita Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi awal di kelas XC SMA Negeri 2 Tanggul-Jember, ditemukan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah. Hal tersebut berimbas pada hasil belajar siswa. Diketahui data hasil belajar dari nilai ulangan harian KD 3.2 mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia dan usaha pelestarian serta pemanfaan sumber daya alam. Hasil belajar siswa masih banyak yang belum tuntas, dari 39 siswa yang mengikuti ulangan, hanya 6 siswa yang tuntas atau sekitar 15,4 %, sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 33 siswa atau sekitar 84,6 %. Melihat data-data tersebut, maka hasil belajar kelas XC masih rendah dan perlu ditingkatkan. Peningkatan motivasi dan hasil belajar dilakukan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipeTPS (Think Pair Share) dengan media berbasis website. TPS merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif sederhana yang memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerjasama dengan orang lain. Think Pair Share memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi waktu siswa lebih banyak untuk berpikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Tanggul- Jember. Jenis penelitian ini merupakan tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan (2 kali pertemuan materi, 1 kali pertemuan evaluasi). Pelaksanaan penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XC SMA Negeri 2 Tanggul-Jember melalui penerapan model pembelajaran TPS dengan media berbasis website. Peningkatan motivasi siswa sebesar 39,31% dengan rincian pada aspek attention sebesar 16,63, aspek relevance meningkat sebesar 9,25%, aspek confidence meningkat sebesar 7,18% dan aspek satisfaction meningkat sebesar 6,25%. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif meningkat sebesar 66,65% sedangkan peningkatan pada ranah afektif sebesar 30,8%. Kesimpulan yang diperoleh dari analisis data dan pembahasan adalah ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan media berbasis website pada siswa kelas XC di SMA Negeri 2 Tanggul-Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4001
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository