dc.description.abstract | Penggunaan Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa
Rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas kelas X-E MA 1
Zainul Hasan Genggong Probolinggo pada mata pelajaran ekonomi terlihat dari
kurangnya perhatian siswa terhadap mata pelajaran, tidak bersemangatnya siswa
untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, dan rendahnya reaksi siswa
terhadap stimulus yang di berikan oleh guru. Salah satu penyebabnya adalah
penggunaan sumber belajar yang masih konvensional secara terus menerus tanpa
divariasikan dengan sumber belajar lain. Hal tersebut mengakibatkan kejenuhan pada
diri siswa. Oleh sebab itu, guru perlu menerapkan sumber belajar yang lebih fresh
dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan jaman untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu dengan penggunaan bahan ajar
digital. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara penggunaan bahan ajar digital
dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Ekonomi, serta untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar
siswa melalui penggunaan bahan ajar digital dalam pembelajaran ekonomi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X-E MA 1 Zainul Hasan
Genggong semester genap tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran IPS Ekonomi.
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari
vii
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode angket dan
metode dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan bahan ajar
digital dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X-E MA 1
Zainul Hasan Genggong dalam proses mengajar. Peningkatan motivasi belajar selama
melakukan observasi dan penelitian sudah mencapai target yaitu dari kriteria rendah
menjadi tinggi, kemudian pada hasil belajar siswa dalam belajar juga mengalami
peningkatan dan sudah mencapai target yaitu baik secara individual maupun secara
klasikal dengan kriteria tuntas. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu kepada
guru mata pelajaran ekonomi kelas X-E MA 1 Zainul Hasan Genggong untuk tetap
menggunakan bahan ajar digital dalam proses pembelajaran ekonomi sebagai variasi
dalam penggunaan media pembelajaran. | en_US |