| dc.description.abstract | Penyiaran  iklan  melalui  media  radio  merupakan  salah  satu  strategi  promosi 
suatu  produk  untuk  dapat  mendekatkan  diri  dengan  konsumen  serta  meningkatkan 
daya  jual.  Produksi  iklan  pada  media  radio  memiliki  karakteristik  khusus  yang 
berbeda dengan media lainnya. Kesuksesan promosi melalui media  radio  antara lain 
memperhatikan  atribut,  sifat  serta  waktu  penyiaran  spot  iklan.  Dalam  penelitian  ini 
diteliti  spot  iklan  Diapet  yang  disiarkan  pada  PT.Radio  Soka  Adiswara  Jember. 
Tujuan  penelitian  adalah  untuk  mengetahui  dan  menganalisis  pengaruh  atribut,  sifat 
dan  waktu  spot  iklan  terhadap  motivasi  sokais  dan  bagaimana  pengaruh  lainnya 
terhadap loyalitas merk. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory 
dan menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah keseluruhan masyarakat 
Jember  pendengar  Soka  Radio  yang  mendengarkan  spot  iklan  Diapet  dan  loyal 
terhadap  produk  Diapet.  Sampel  penelitian  diambil  dengan    menggunakan  stratified 
proportional  quota  sampling  dan  diperoleh  110  sampel.  Metode  analisis  data  yang 
dipergunakan dalam penelitian ini adalah  analisis deskriptif dan Structural Equation 
Model (SEM), dimana variabel  eksogennya terdiri dari atribut  spot iklan (X
1
); sifat 
spot  iklan  (X
2
);  waktu    spot  iklan  (X
3
);  variabel  endogen  terdiri  dari  loyalitas  merk 
(Y)  serta  motivasi  sokais  (Z)  sebagai  variabel  intervening.  Hasil    penelitian 
menunjukkan  bahwa  atribut,  sifat  dan  waktu  spot  iklan  memberikan  pengaruh  baik 
secara langsung maupun secara tidak langsung terhadap loyalitas merk, berturut-turut 
pengaruh  totalnya  sebesar  0,467;  0,270  dan  0,380,  sementara  motivasi  berpengaruh 
langsung  sebesar  0,453  terhadap  loyalitas  merk.  Model  ini  memiliki  tingkat 
kesesuaian  yang  cukup  memadai,  karena  memiliki  tingkat  signifikasi  sebesar  5%, 
GFI  >  0.90,  RMSEA  <  0.08,  AGFI  0.90-0.95;  CMIN/DF  <  2.00;  CFI  >  0.95  serta 
nilai TLI sebesar > 0.90. | en_US |