PENGARUH ATRIBUT, SIFAT DAN WAKTU PADA SPOT IKLAN DIAPET TERHADAP MOTIVASI DAN LOYALITAS MERK (STUDI PADA PT. RADIO SOKA ADISWARA JEMBER)
Abstract
Penyiaran iklan melalui media radio merupakan salah satu strategi promosi
suatu produk untuk dapat mendekatkan diri dengan konsumen serta meningkatkan
daya jual. Produksi iklan pada media radio memiliki karakteristik khusus yang
berbeda dengan media lainnya. Kesuksesan promosi melalui media radio antara lain
memperhatikan atribut, sifat serta waktu penyiaran spot iklan. Dalam penelitian ini
diteliti spot iklan Diapet yang disiarkan pada PT.Radio Soka Adiswara Jember.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh atribut, sifat
dan waktu spot iklan terhadap motivasi sokais dan bagaimana pengaruh lainnya
terhadap loyalitas merk. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory
dan menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah keseluruhan masyarakat
Jember pendengar Soka Radio yang mendengarkan spot iklan Diapet dan loyal
terhadap produk Diapet. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan stratified
proportional quota sampling dan diperoleh 110 sampel. Metode analisis data yang
dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Structural Equation
Model (SEM), dimana variabel eksogennya terdiri dari atribut spot iklan (X
1
); sifat
spot iklan (X
2
); waktu spot iklan (X
3
); variabel endogen terdiri dari loyalitas merk
(Y) serta motivasi sokais (Z) sebagai variabel intervening. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa atribut, sifat dan waktu spot iklan memberikan pengaruh baik
secara langsung maupun secara tidak langsung terhadap loyalitas merk, berturut-turut
pengaruh totalnya sebesar 0,467; 0,270 dan 0,380, sementara motivasi berpengaruh
langsung sebesar 0,453 terhadap loyalitas merk. Model ini memiliki tingkat
kesesuaian yang cukup memadai, karena memiliki tingkat signifikasi sebesar 5%,
GFI > 0.90, RMSEA < 0.08, AGFI 0.90-0.95; CMIN/DF < 2.00; CFI > 0.95 serta
nilai TLI sebesar > 0.90.
Collections
- MT-Management [539]