Properti Sastra,Bahasa dan Artistik Sastra Anak Indonesia dan Inggris: Model Pengembangan Industri Kreatif Sastra Anak Berbasis Keragaman Budaya
View/ Open
Date
2013-12-04Author
Dina Dyah Kusumayanti
Mohammad Ilham
Sunarlan
Metadata
Show full item recordAbstract
penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan kajian deskriptif analitik dengan
pendekatan studi komparasi dan stilistika. Objek penelitian pada tahun pertama adalah buku
cerita bergambar dari Indonesia dan Inggris. Fokus penelitian adalah pada perbedaan dan
kesamaan properti sastra, bahasa dan artistik dalam buku cerita bergambar Indonesia dan
trnggris. Melalui perbandingan diharapkan dapat ditemukan buku cerita bergambar yang baik
1-ang disukai oleh pembaca anak-anak. Tujuan khusus penelitian tahun pertama adalah
menetapkan benchmark tentang buku cerita bergambar yang 'baik'. Dengan adanya
benchmark tersebut, maka dapat diperoleh gambaran buku cerita bergambar yang menarik
minat pembaca anak-anak. Maanfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah mendapatkan
rtnta mengenai kelemahan dan kekuatan buku cerita bergambar yang ditulis oleh pengarang
Indonesia dan pengarang dari Inggris. Manfaat lain adalah mendapatkan data tentang profil
pembaca anak-anak yang berpotensi sebagai pangsa pasar buku bacaan anak-anak. Temuan
penting dari penelitian adalah buku cerita bergambar dari Inggris telah berkembang dengan
haik dan terbukti dari keunggulan mereka dalam meramu cerita, menampilkan tema, serta
menyuguhkan disain artistik buku. Buku cerita bergambar Indonesia belum banyak
menyuguhkan tema yang variatif, disain artistik buku belum tereksplorasi, dan isi cerita
berkisar pada persoalan normatif yang disampaikan secara terbuka (explicit)-
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
CAMPUR KODE BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIADALAM INTERAKSI diajukan guna melengkapi tugas akhir dan memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan studi i PEMBELAJARAN GURU DI MUNCAR KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia (S1) dan mencapai gelar sarjana Sastra Oleh Serly Ari Yuanita NIM 080110201006 JURUSAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS JEMBER 2012 SMPN 01MUNCAR KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI
Serly Ari Yuanita (2013-12-05)Masyarakat di Indonesia sangat beraneka ragam, baik keragaman budaya maupun keragaman bahasa. Pada umunya masyarakat Indonesia menguasai dua bahasa, yaitu bahasa daerah dan bahasa Indonesia. SMPN 01 Muncar adalah ... -
Peran Sastra Anak Terjemahan dalam Pengembangan Sastra Anak Indonesia: Upaya Revitalisasi Sastra Anak Indonesia
Dina Dyah, K (Fak. Sastra'13, 2015-01)Sejauh ini belum diketahui peran dan posisi sastra anak terjemahan di antara tumbuh kembangnya sastra anak Indonesia, tetapi satu hal sudah pasti, sastra anak terjemahan banyak dan mudah dijumpai baik di toko-toko buku ... -
Types and Main Sources of Foreign Language Anxiety Possessed by Second and Sixth Semester Students of English Department in Faculty of Letters, Jember University (Tipe-Tipe dan Sebab-Sebab Utama dari Kegelisahan Berbahasa Asing yang Dimiliki oleh Mahasiswa-Mahasiswa Semester Dua dan Semester Enam Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Jember)
AINI FIRDAUSI, MARISA (UNEJ PRESS, 2014)Penelitian ini berfokus pada tipe-tipe utama dari kegelisahan berbahasa asing yang dimiliki oleh mahasiswa semester dua dan semester enam dan penyebab-penyebab utamanya. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan ...