Show simple item record

dc.contributor.authorAgustya Hardy Pradana
dc.date.accessioned2013-12-04T01:59:09Z
dc.date.available2013-12-04T01:59:09Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210101076
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3413
dc.description.abstractPada dasarnya pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Proses komunikasi yang terjadi tidak selamanya berjalan dengan lancar, bahkan proses komunikasi dapat menimbulkan salah pengertian, ataupun salah konsep. Untuk itu guru harus mampu memberikan suatu alternatif pembelajaran bagi peserta didiknya agar dapat memahami konsep-konsep yang telah diajarkan. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang tepat bagi siswa karena LKS membantu siswa untuk menambah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar secara sistematis. Pembelajaran matematika dalam standar isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan memecahkan masalah, menggunakan penalaran dan mengkomunikasikan gagasannya. Namun pada kenyataannya, LKS yang biasa digunakan belum mampu membantu dalam menemukan konsep dan belum mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, penalaran, dan komunikasi siswa, karena LKS hanya berisi ringkasan materi dan soal-soal yang sebagian besar berupa soal pilihan ganda. Untuk itu guru harus mampu memberikan suatu alternatif pembelajaran bagi siswa agar dapat memiliki kemampuan pemecahan masalah, penalaran, dan komunikasi. Lembar Kerja Siswa (LKS) berstandar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang tepat bagi siswa karena LKS tersebut memuat standar-standar proses menurut NCTM. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pokok bahasan viii Perbandingan kelas VII SMP berstandar NCTM dan menghasilkan LKS berstandar NCTM pada pokok bahasan Perbandingan untuk SMP kelas VII. NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) adalah sebuah organisasi guru dan pendidik matematika di Amerika Serikat. Pada bulan April tahun 2000, NCTM mengeluarkan prinsip-prinsip dan standar matematika sekolah. Standar pembelajaran menurut NCTM terdiri dari standar isi dan standar proses. Standar proses terdiri dari lima standar yaitu pemecahan masalah, penalaran dan bukti, komunikasi, koneksi, dan representasi. Lima standar proses tersebut yang dimunculkan pada LKS yang dikembangkan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMP Negeri 7 Jember. Uji coba LKS dilakukan pada tanggal 2, 3, 9, dan 10 September 2013. Model pengembangan LKS yang digunakan adalah model 4-D (four D Model) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Pada tahap pendefinisian dilakukan telaah karakteristik siswa, konsep yang akan diajarkan, tujuan pembelajaran, dan tugas belajar yang akan diberikan. Pada tahap pengembangan kegiatan yang dilakukan merancang draft I LKS. LKS tersebut divalidasi kemudian direvisi hingga diperoleh draft II LKS yang siap diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas LKS hingga dihasilkan draft III/draft akhir. Kualitas LKS yang dihasilkan tersebut akan dianggap baik jika memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil validasi LKS tersebut, diperoleh tingkat kevalidan LKS sebesar 4,65 dengan kategori valid. Dari hasil uji coba diperoleh data respon guru, respon siswa, dan hasil tes hasil belajar siswa. Persentase respon guru sebesar 92,59% dan persentase respon siswa sebesar 82,74%. Dari persentase angket respon guru dan angket respon siswa diperoleh persentase kepraktisan LKS berstandar NCTM sebesar 87,66%. Hal ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan interpretasi sangat tinggi. Hasil tes hasil belajar siswa menunjukkan 87,8% siswa mampu mencapai tingkat penguasaan materi minimal sedang. Dengan demikian LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101076;
dc.subjectPokok Bahasan Perbandinganen_US
dc.titlePENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) POKOK BAHASAN PERBANDINGAN UNTUK SMP KELAS VII BERSTANDAR NCTM (NATIONAL COUNCIL OF TEACHERS OF MATHEMATICS)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record