• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI MEDIA FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS V SDN PANTI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Rizqa Nurul Aini - 090210204051_1.pdf (147.6Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Rizqa Nurul Aini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan utama pembelajaran menyimak adalah melatih siswa memahami bahasa lisan. Salah satu materi simakan di sekolah dasar adalah cerita anak dengan kompetensi dasar mengidentifikasi tema, latar, tokoh dan pesan dalam cerita anak. Kenyataan di lapangan banyak siswa kesulitan dalam kegiatan menyimak. Hal tersebut terlihat dengan hasil belajar menyimak cerita anak siswa kelas V SDN Panti 01 Jember masih rendah, sebanyak 12 siswa dari 26 siswa atau sebesar 53,8% belum dapat mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 68. Selain itu, metode pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi sehingga berpengaruh terhadap pemahaman siswa. Perlu diadakan penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan serta memperbaiki proses dan hasil belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam penelitian adalah film animasi. Film animasi adalah media audiovisual yang dapat memberikan stimulus. Dengan adanya stimulus tersebut diharapkan siswa dapat lebih tertarik dan berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media film animasi yang dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Panti 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013 dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Panti 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan media film animasi yang dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Panti 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013 dan meningkatkan hasil belajar keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Panti 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013. 7 Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan tes. Hasil observasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif. Sementara data hasil tes sebelum dan sesudah diterapkan tindakan dianalisis secara kuantitatif sesuai dengan kriteria penilaian yang ditentukan. Penerapan media film animasi yang dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak adalah dengan menayangkan film animasi berjudul “Abeng Punya Sepeda” pada siklus I dan film animasi berjudul “Hadiah Anak Pandai” pada siklus II dengan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik. Pada siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan belajar secara klasikal sehingga perlu dilaksanakan sikus II. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus II, guru memperjelas konsep unsur intrinsik dan menayangkan film animasi sebanyak 2 kali. Adapun peningkatan keterampilan menyimak cerita anak setelah penerapan media film animasi adalah sebagai berikut, pada siklus I yang mencapai ketuntasan sebanyak 17 siswa atau 65,3% dari 26 siswa, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan adalah 22 siswa atau 84,6% dari 26 siswa. Nilai tersebut sudah sesuai dengan target ketuntasan secara klasikal yaitu minimal 75%. Berdasarkan penerapan media film animasi pada pembelajaran menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Panti 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013 terbukti dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita anak. Adapun saran yang dapat diberikan adalah guru dapat menggunakan media film animasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia karena terbukti dengan media ini dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3362
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository