• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA WARGA BELAJAR KELAS XI KELOMPOK BELAJAR PAKET C SKB BONDOWOSO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012-2013

    Thumbnail
    View/Open
    Eliya Fitriana - 090210201011.pdf (3.017Mb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Eliya Fitriana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Belajar sejatinya mengakibatkan terjadinya perubahan pada diri orang yang belajar. Tentunya dalam proses belajar akan terjadi hasil belajar. Hasil yang diperoleh oleh warga belajar akan berbeda-beda, karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah kesiapan belajar. Kesiapan adalah keseluruhan kondisi seseorang yang membuatnya siap untuk memberikan respon positif. Berdasarkan studi pendahuluan di SKB Bondowoso, maka peneliti merumuskan masalah yaitu apakah ada Hubungan antara Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Warga Belajar Kelas XI Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013. Sehingga tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikan atau tidaknya Hubungan antara Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Warga Belajar Kelas XI Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013. Manfaat penelitian bagi Warga Belajar, diharapkan dapat dijadikan pemahaman tentang aspek yang akan mempengaruhi hasil belajarnya; bagi Peneliti, diharapkan dapat mengimplementasikan beberapa pemahaman yang telah didapat di bangku kuliah serta untuk uji kemampuan membuktikan teori-teori pembelajaran dengan sikap ilmiah; bagi Perguruan Tinggi, Untuk mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi; dan bagi SKB Bondowoso, memberikan pertimbangan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan serta kualitas output. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan jumlah responden 18 warga belajar yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Sesuai dengan judul, lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian vii adalah di program Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso. Sumber datanya adalah warga belajar kelas XI Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso. Metode pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Dengan desain penelitian kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Program for Social Science) v.15 for windows dengan teknik korelasi Tata Jenjang (Rank Difference Correlation). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa antara perhatian belajar dengan hasil belajar terdapat tingkat korelasi sedang yaitu sebesar 0,586, antara motivasi belajar dengan hasil belajar terdapat tingkat korelasi sedang yaitu sebesar 0,481, sedangkan antara perkembangan kesiapan dengan hasil belajar terdapat tingkat korelasi kuat yaitu sebesar 0,775. Dari hasil tersebut dapat terlihat bahwa yang memiliki pengaruh paling besar terhadap hasil belajar adalah perkembangan kesiapan. Hal ini disebabkan karena sejatinya warga belajar adalah orang dewasa yang paling banyak menggunakan pengalaman-pengalamannya sebagai sumber belajar sesuai dengan prinsip andragogi. Untuk menjawab rumusan masalah, maka diketahui bahwa korelasi antara kesiapan belajar dengan hasil belajar diperoleh nilai Rhohitung sebesar 0,746. Nilai ini lebih besar daripada Rhotabel untuk N=18 dengan tingkat kepercayaan 95% sebesar 0,475, artinya hipotesis kerja diterima dan hipotesis nol ditolak. tahun pelajaran 2012-2013 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika warga belajar kelas XI Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso semester genap tahun pelajaran 20122013. Saran bagi Warga Belajar, hendaknya pengalaman yang dijadikan sumber belajar bukan pamong belajar; bagi Pamong Belajar, diharapkan model pembelajaran tidak lagi seperti sekolah formal namun menggunakan model pembelajaran tutorial; sedangkan bagi SKB Bondowoso, hendaknya prinsip andragogi dijadikan sebagai aturan dalam sistem pembelajaran diprogram Kesetaraan SKB Bondowoso.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3348
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 

      Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU (2014-01-29)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository