• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    NILAI - NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT MALANG

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Malitasari - 090210402065_1.pdf (171.0Kb)
    Date
    2013-12-03
    Author
    Nur Malitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Cerita rakyat adalah suatu bentuk kebudayaan dalam bentuk lisan yang diceritakan secara turun temurun. Cerita rakyat merupakan bagian kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki oleh suatu daerah atau komunitas tertentu. Cerita rakyat daerah termasuk di dalamnya yaitu cerita rakyat Malang yang telah ditulis kembali dalam bentuk buku oleh Wahyudi Siswanto dan Sisbar Noersya yang diterbitkan oleh Grasindo tahun 2008 dengan judul “Cerita Rakyat dari Malang (Jawa Timur)”.Cerita rakyat biasanya mengandung unsur ajaran moral, baik hubungan manusia dengan Tuhan, diri sendiri, sesama, alam, dan kebangsaan. Sekolah dapat mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter dengan menyisipkan cerita rakyat Malang ke dalam materi ajar SMA kelas X semester 2 yaitu mengenai memahami cerita rakyat yang dituturkan. Kajian penelitian ini terdiri atas lima rumusan masalah: 1) nilai-nilai pendidikan karakter berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan dalam cerita rakyat Malang; 2) nilai-nilai pendidikan karakter berkaitan dengan hubungan manusia dengan dirinya sendiri dalam cerita rakyat Malang; 3) nilai-nilai pendidikan karakter berkaitan dengan hubungan manusia dengan sesama dalam cerita rakyat Malang; 4) nilai-nilai pendidikan karakter berkaitan dengan hubungan manusia dengan alam dalam cerita rakyat Malang; 5) nilai-nilai pendidikan karakter berkaitan dengan hubungan manusia dengan kebangsaan dalam cerita rakyat Malang. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) nilai-nilai pendidikan karakter berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan dalam cerita rakyat Malang; (2) nilai-nilai pendidikan karakter berkaitan dengan hubungan manusia dengan dirinya sendiri dalam cerita rakyat Malang; (3) nilai-nilai pendidikan karakter berkaitan dengan hubungan manusia dengan sesama dalam cerita rakyat Malang; (4) nilai-nilai pendidikan karakter berkaitan dengan hubungan manusia dengan alam dalam cerita rakyat Malang; (5) nilai-nilai pendidikan karakter berkaitan dengan hubungan manusia dengan kebangsaan dalam cerita rakyat Malang. vii Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan rancangan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tulisan berbentuk kalimat, dan paragraf dalam cerita rakyat Malang yang mengindikasikan nilai-nilai pendidikan karakter. Sumber data dalam penelitian ini adalah cerita rakyat Malang yang sudah dibukukan atau ditulis kembali oleh Wahyudi Siswanto dan Sisbar Noersya, dengan judul “Cerita Rakyat dari Malang (Jawa Timur)” yang diterbitkan oleh Grasindo tahun 2008. Analisis data dalam: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) menarik kesimpulan dan verivikasi temuan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri atas (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap penyelesaian. Cerita rakyat Malang yang telah dibukukan atau ditulis kembali oleh Wahyudi Siswanto dan Sisbar Noersya dengan judul “Cerita Rakyat dari Malang (Jawa Timur)” dan diterbitkan oleh Grasindo tahun 2008 mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang baik untuk membentuk karakter siswa. Nili-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam buku tersebut yaitu keimanan, kekuatan sebuah doa, kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, kekreatifan, kemandirian, rasa keingintahuan, pantang menyerah, toleransi, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, kepedulian terhadap sesama, memelihara alam, memanfaatkan alam, dan cinta tanah air. Penelitian ini membahas nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Malang yang telah dibukukan. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut harus ditanamkan pada diri siswa. Pada SMA kelas X semester 2 pada aspek mendengarkan dengan Kompetensi Dasar 13 yaitu memahami cerita rakyat yang dituturkan, sesuai dengan Kompetensi Dasar tersebut maka hasil penelitian ini disarankan sebagai bahan ajar untuk mencapai Kompetensi Dasar. Caranya yaitu dengan menjadikan cerita rakyat Malang sebagai bahan ajar yang akan dibacakan oleh guru dalam proses pemmbelajaran sesuai dengan aspek dan Kompetensi Dasar tersebut. Cerita rakyat terus mengalir dalam masyarakat secara lisan. Secara struktural cerita rakyat yang telah dibukukan dan yang belum dibukukan memiliki perbedaan. Oleh karena itu untuk peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian lanjutan yang memfokuskan penelitian pada cerita rakyat Malang yang tersebar di masyarakat dalam bentuk lisan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3093
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository