Show simple item record

dc.contributor.authorLinda Maqfirah
dc.date.accessioned2013-12-03T04:07:30Z
dc.date.available2013-12-03T04:07:30Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM090210201025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2811
dc.description.abstractSebagai dasar perkembangan dan pertumbuhan anak, ilmu pendidikan memberi landasan bagaimana cara mendidik anak, baik secara umum maupun khusus. Pada pendidikan anak usia dini dalam mengembangkan perkembangan dan pertumbuhan anak yaitu salah satunya dengan kegiatan bermain. Kegiatan bermain memberikan banyak kesempatan kepada anak untuk mengekspresikan perasaannya secara bebas, baik perasaan senang, takut , kecewa, sedih, marah, dll. Dengan begitu perasaan yang dirasakan anak akan tersalurkan dengan sendirinya, sehingga anak dapat belajar mengontrol dan menyeimbangkan emosionalnya dengan keadaan lingkungan disekitarnya. Masalah dalam penelitian ini mencari ada tidaknya hubungan antara kegiatan bermain dengan perkembangan emosi kelompok bermain di PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso tahun pelajaran 2012-2013, sedangkan untuk tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya Hubungan antara Kegiatan Bermain dengan Perkembangan Emosi Kelompok bermain di PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso Tahun Pelajaran 2012-2013. Manfaat yang diambil dari penelitian ini adalah dapat menjadi informasi baru bagi para pembaca dan menambah pengetahuan baru bagi para pembaca, serta juga meberikan pengalaman baru untuk para pembaca ketika ingin terjun langsung dalam penelitian di lapangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan jumlah responden 40 peserta didik PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Sesuai dengan judul, lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah di PAUD Terpadu Ananda SKB viii Bondowoso. Sumber datanya adalah peserta didik PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso. Metode pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Dengan desain penelitian kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Program for Social Science) v.15 for windows dengan teknik korelasi Produck Moment Product Moment Coefficient (Pearson’s Coefficient Of Correlatin). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa antara kegiatan bermain dengan perkembangan emosi kelompok bermain dengan rincian antara kegiatan bermain peran dengan perkembangan emosi kasih sayang terdapat tingkat korelasi yang sangat kuat 0,950, antara kegiatan bermain peran dengan perkembangan emosi ingin tahu terdapat tingkat korelasi kuat 0,778, antara kegiatan bermain peran dengan perkembangan emosi gembira terdapat tingkat korelasi kuat 0,775, antara kegiatan bermain peran dengan perkembangan emosi kesukaan terdapat tingkat korelasi kuat 0,770, selanjutnya untuk kegiatan bermain balok dengan perkembangan emosi kasih sayang terdapat tingkat korelasi sangat kuat 0,910, antara kegiatan bermain balok dengan perkembangan emosi ingin tahu terdapat tingkat korelasi kuat 0,756, antara kegiatan bermain dengan perkembangan emosi gembira terdapat tingkat korelasi kuat 0,704, antara kegiatan bermain balok dengan perkembangan emosi kesukaan terdapat tingkat korelasi kuat 0,703. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kegiatan bermain adalah perkembangan emosi kasih sayang. Disarankan bagi para pamong untuk lebih meningkatkan kegiatan bermain yang diberikan dalam bentuk pembelajaran pada kelompok bermain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210201025;
dc.subjectPerkembangan Emosi Anaken_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA KEGIATAN BERMAIN DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK PADA KELOMPOK BERMAIN PAUD TERPADU ANANDA SKB BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2012-2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record