Show simple item record

dc.contributor.authorBela Mayvani Rachman
dc.date.accessioned2013-12-03T03:43:39Z
dc.date.available2013-12-03T03:43:39Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM082010101005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2776
dc.description.abstractProblem Based Leaning Strategi belajar PBL yang banyak di terapkan oleh fakultas kedokteran saat ini ialah strategi PBL model SPICES. PBL model SPICES yang pertama kali di perkenalkan oleh Harden Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa FK UNEJ angkatan 2008 secara kuantitatif, mengetahui korelasi antara motivasi vii belajar dengan pretasi belajar pada mahasiswa FK UNEJ angkatan 2008, dan mengetahui motivasi belajar mahasiswa FK UNEJ angakatn 2008 secara kualitatif. Dalam penelitian ini akan menggunakan metode kuisioner dengan populasi total sampling. Metode kusioner ini menggunakan survey kuisioner Strength of Motivation for Medical School Questionnaire yang dibuat oleh Nieuwhof Dari hasil penelitian kuantitatif didapatkan rho Spearmann sebesar -0.034 yang berarti bahwa tidak ada korelasi yang bermakan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa FK UNEJ angakatan 2008. Sedangkan dari hasil FGD dan wawancara mendalam diketahui bahwa faktor-faktor yang memicu motivasi belajar mahasiswa dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memicu motivasi belajar ialah minat. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar siswa ialah keluarga, teman sejawat, lingkungan tempat tinggal dan sistem kurikulum PBL. Dengan mengetahui faktor-faktor yang memicu motivasi belajar tersebut diharapkan baik mahasiswa dan insititusi dapat mengoptimalkan faktor-faktor tersebut untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries082010101005;
dc.subjectMotivasi belajar, PBLen_US
dc.titleFAKTOR FAKTOR YANG MEMICU MOTIVASI BELAJAR DALAM STRATEGI BELAJAR BERBASIL MASALAH (PBL) (Studi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jember Angkatan 2008 yang Menjalani Kurikulum Berbasis Kompetensi Model SPICES)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record