• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    FAKTOR FAKTOR YANG MEMICU MOTIVASI BELAJAR DALAM STRATEGI BELAJAR BERBASIL MASALAH (PBL) (Studi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jember Angkatan 2008 yang Menjalani Kurikulum Berbasis Kompetensi Model SPICES)

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Bela M_1.pdf (11.57Mb)
    Date
    2013-12-03
    Author
    Bela Mayvani Rachman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Problem Based Leaning Strategi belajar PBL yang banyak di terapkan oleh fakultas kedokteran saat ini ialah strategi PBL model SPICES. PBL model SPICES yang pertama kali di perkenalkan oleh Harden Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa FK UNEJ angkatan 2008 secara kuantitatif, mengetahui korelasi antara motivasi vii belajar dengan pretasi belajar pada mahasiswa FK UNEJ angkatan 2008, dan mengetahui motivasi belajar mahasiswa FK UNEJ angakatn 2008 secara kualitatif. Dalam penelitian ini akan menggunakan metode kuisioner dengan populasi total sampling. Metode kusioner ini menggunakan survey kuisioner Strength of Motivation for Medical School Questionnaire yang dibuat oleh Nieuwhof Dari hasil penelitian kuantitatif didapatkan rho Spearmann sebesar -0.034 yang berarti bahwa tidak ada korelasi yang bermakan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa FK UNEJ angakatan 2008. Sedangkan dari hasil FGD dan wawancara mendalam diketahui bahwa faktor-faktor yang memicu motivasi belajar mahasiswa dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memicu motivasi belajar ialah minat. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar siswa ialah keluarga, teman sejawat, lingkungan tempat tinggal dan sistem kurikulum PBL. Dengan mengetahui faktor-faktor yang memicu motivasi belajar tersebut diharapkan baik mahasiswa dan insititusi dapat mengoptimalkan faktor-faktor tersebut untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2776
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository